Jurnalistika
Loading...

Potensial Datangkan 7,4 Juta Wisman, Sandiaga Uno Harap Piala Dunia U-20 Masih Digelar di Indonesia

  • Arief Rahman

    28 Mar 2023 | 13:15 WIB

    Bagikan:

image

Menparekraf Sandiaga Uno berharap Piala Dunia U-20 tetap digelar di Indonesia. (Dok. Setneg)

jurnalistika.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai perhelatan Piala Dunia U-20 2023 bisa mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Karenanya ia berharap FIFA tidak membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bertaraf internasional itu.

Menurutnya, pemerintah telah menargetkan kunjungan 7,4 juta wiman dan 1,4 miliar wisatawan lokal dalam kalender pariwisata Indonesia. Target tersebut salah satunya datang dari adanya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“(Piala Dunia) U-20 ini menjadi andalan utama dari event berkelas dunia yang Indonesia berhasil hadirkan. Ini bagian dari pilar sports tourism atau pariwisata berbasis olahraga, dan kita menghitung peluang kunjungan signifikan,” kata Sandiaga di Istana Negara, Senin, (27/3/2023).

Baca juga: 10 Dampak Buruk Jika Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: PSSI Dibekukan Lagi?

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah menyampaikan kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir agar keberlangsungan event akbar itu tetap diadakan di Indonesia. Di samping itu, pemerintah juga sudah menyiapkan sejumlah destinasi pariwisata dan produk ekonomi kreatif sebagai penunjang perhelatan Piala Dunia U-20.

“Saya sampaikan ke Pak Erick, bahwa dari segi Parekraf sangat mengharapkan U-20 ini berlangsung di Indonesia. Kita juga pastikan kesiapan destinasi pariwisata dan juga produk ekonomi kreatif, UMKM yang nanti disiapkan dari bagian perhelatan tersebut,” ujarnya.

Dampak Buruk Menanti Jika Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah

Lebih lanjut, Sandiaga Uno memastikan dampak buruk akan menanti jika Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Terutama dari segi pencapaian target wisman dan pergerakan wisatawan.

“Saya tadi menyampaikan ke Pak Erick bahwa pasti akan berdampak pada sektor parekraf. Tadi belum ada update (dampaknya), tapi Pak Erick menyampaikan dia akan berkoordinasi dengan pihak FIFA di Zurich,” tuturnya.

Kekhawatiran Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah

Sebelumnya, kekhawatiran Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 muncul setelah FIFA membatalkan agenda drawing yang seharusnya dijadwalkan berlangsung di Bali, 31 Maret mendatang. Pembatalan itu diduga imbas dari penolakan kehadiran Timnas Israel ke Indonesia oleh sejumlah pihak.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

Kemenparekraf

piala dunia u-20

Sandiaga Uno


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami