Selasa, 09 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Rambut Rontok Bukan Karena Hijab! Ini Faktanya

  • Ninda Utami

    21 Des 2021, 18:44 WIB

    Bagikan:

image

Rambut rontok (Foto: Unsplash)

Jurnalistika.id – Hampir setiap perempuan yang mengenakan hijab mengalami keluhan yang sama, salah satunya adalah masalah rambut rontok. Yap! Rambut semakin hari akan semakin menipis dan berserakan di mana-mana, mulai lantai hingga bantal.

Untuk yang memakai hijab mungkin langsung berfikir bahwa, hijablah penyebabnya. Padahal penyebab rambut rontok karena hijab tidak sepenuhnya benar, lho!

Dr. Mahmoud Abdallah, seorang dokter spesialis kulit mengatakan bahwa kerontokan rambut sama sekali tidak disebabkan oleh hijab. Ada sejumlah faktor lainnya yang lebih mungkin menyebabkan kerontokan tersebut daripada penggunaan hijab.

Lalu, apa saja faktor lainnya yang menjadi penyebab kerontokan rambut?

Penyebab Rambut Rontok Bukan Karena Hijab

penyebab rambut rontok bukan karena hijab
Ilustrasi Rambut Rontok

1. Memakai Hijab dalam Keadaan Basah

Salah satu hal yang paling sering disepelekan adalah memakai hijab saat rambut masih basah akibatnya rambut akan rentan mengalami kerontokan.

Memang keramas rutin itu wajib, apalagi buat kamu yang memiliki kulit rambut cenderung berminyak dan lepek. Tapi bukan berarti kamu bisa langsung mengambil keputusan dengan terburu-buru menatanya saat masih lembab karena ketika rambut basah atau lembab, batang rambut masih menyerap air sehingga fleksibilitasnya menurun.

Sebaiknya, tunggulah sampai rambut kamu benar-benar kering sebelum kamu memutuskan untuk memakai hijab atau kamu bisa keramas di malam harinya agar kamu punya banyak waktu untuk mengeringkannya hingga esok pagi dan ketika bangun kamu sudah siap beraktivitas dengan memakai hijab favoritmu.

2. Memakai Inner Hijab Terlalu Ketat

Penggunaan inner atau ciput terlalu ketat dalam jangka waktu yang lama akan memberikan tekanan pada akar rambut akibatnya akar rambut kamu melemah dan terjadilah kerontokan pada rambut.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu ganti inner atau ciput kamu dengan bahan breathable yang bikin kamu nyaman, seperti katun atau silk.

3. Kekurangan Nutrisi Pada Rambut

Pemilihan shampoo yang tepat juga menjadi hal utama karena dengan kamu memakai shampoo sesuai masalah rambut, rambut kamu tidak akan kekurangan nutrisi.

Nutrisi rambut bisa kamu dapatkan dari bahan alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Pengaplikasian minyak zaitun sebelum keramas dapat mengurangi kerontokan rambut secara bertahap.

Baca juga: Tips Cantik Ala Make Up Artist, Cantik Itu Kamu

Kamu cukup oleskan minyak dari akar hingga ujung rambut kamu, beri sedikit pijatan dan tunggu selama 30 menit lalu bilas sisa minyak dengan mencuci rambut menggunakan shampoo yang mengandung gingseng untuk menguatkan akar rambut.

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang menjadi penyebab rambut rontok bagi kebanyakan wanita. Ikatan yang terlalu kencang justru membuat rambut kamu tertekan dan susah bernapas hingga bekas karet atau ikatannya tercetak pada rambut. Kondisi ini buat rambut kamu jadi semakin rapuh dan lama kelamaan semakin banyak helai rambut yang rontok.

Sebaiknya, sebelum pakai hijab, ikatlah rambut dengan tidak terlalu kencang. Kemudian, tidak berfokus pada satu titik agar tekanan pada rambut dapat diminimalisir. Kamu juga bisa ganti ikatan rambutmu dengan jenis scrunchie yang lebih loose agar rambutmu bisa bernapas lega.

hijabdaily

hijabers

Indonesia

kesehatan

rambut rontok karena hijab

rambutrontok