Jurnalistika
Loading...

130 Pelaku UKM Serbu Stand Pembuatan NIB HIPMI di Unpam

  • Firman Sy

    16 Jul 2023 | 20:25 WIB

    Bagikan:

image

stand layanan pengurusan NIB di depan Aula Rektorat Unpam. (Dok: HIPMI PT Pamulang)

jurnalistika.id – Puluhan pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) beramai-ramai mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB). Mereka memanfaatkan layanan bantuan perizinan usaha yang diinisiasi HIPMI PT Pamulang dan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Pamulang (Unpam).

Ketua Umum Hipmi PT Pamulang, Ahmad Sofwan mengatakan, ada total 130 pelaku UKM yang mengurus NIB di acara inti Seminar Nasional bertajuk “UMKM GO DIGITAL” itu. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Rektorat Kampus A Unpam, Pamulang, Kota Tangsel, Sabtu (15/7/2023).

“Yang mengurus NIB ada sekitar 130 pelaku usaha. Mulai dari yang mendaftarkan usaha bidang kuliner hingga berbagai jasa,” kata Sofwan dalam keterangannya, Minggu.

Menurut dia, NIB bagi pelaku usaha begitu penting sebab memberikan kepastian perizinan usaha. Tak hanya melayani pembuatan NIB, dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga melayani pembuatan Sertifikasi Halal.

“Setelah memiliki NIB, pelaku usaha penting juga memiliki Sertifikasi Halal dari MUI. Di acara kemarin yang mengajukan sertifikasi halal ini ada sekitar 60 pelaku usaha. Umumnya mereka memiliki produk olahan dan kuliner,” ujar Sofwan.

Tak hanya itu, di acara tersebut juga melayani pembuatan QRIS bagi pelaku usaha. Kata Sofwan, layanan membuat akses pembayaran dengan metode nontunai itu disuport oleh Bank Jawa Barat (BJB).

Sementara itu, Ketua HIPMI Banten, Ananda Trianh Salichan yang hadir menjadi salah satu pembicara dalam seminar mengapresiasi kegiatan tersebut. HIPMI, kata Ananda, harus bisa menjadi wadah untuk para pelaku usaha, baik kalangan masyarakat umum maupun mahasiswa.

Sedangkan Ketua HMM UNPAM, Candra menilai kolaborasi dengan HIPMI ini berdampak langsung bagi pelaku usaha. Salah satunya, kolaborasi membantu pelaku usaha memiliki NIB dan sertifikasi halal.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

HIPMI

hipmi banten

HIPMI Tangsel

UKM

Usaha


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami