Jurnalistika
Loading...

3 Lembaga Survei Sebut RK-Suswono Unggul di Pilkada Jakarta

  • Jurnalistika

    04 Okt 2024 | 09:35 WIB

    Bagikan:

image

Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (Dok. Pemprov Jabar)

jurnalistika.id – Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) unggul dalam berbagai survei jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta.

Hasil terbaru dari Charta Politika Indonesia yang dilakukan pada 19-24 September 2024 menempatkan pasangan RIDO di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas 48,3 persen.

Mereka unggul cukup jauh dari pesaing terdekatnya, pasangan Pramono Anung-Rano Karno, yang memperoleh 36,5 persen suara.

“Selisih sekitar 11 persen lebih ya tidak sampai 12 persen, 11,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dalam konferensi daring dikutip Jumat (4/10/2024).

Baca juga: RK-Suswono Janjikan Layanan Dokter Keliling Jika Terpilih di Pilkada Jakarta 2024

Survei Charta Politika ini bukan satu-satunya yang menyebut pasangan RIDO unggul. Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 18 September 2024 merilis hasil survei yang menunjukkan pasangan tersebut memimpin dengan elektabilitas 51,8 persen.

Sementara itu, Poltracking Indonesia dalam survei yang dirilis pada 27 September 2024 juga mengungkapkan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada di angka 47,5 persen.

Menurut analisis Yunarto, pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno sama-sama berpeluang memenuhi syarat menang satu putaran, yaitu meraih lebih dari 50 persen suara.

Namun, hingga saat ini, Ridwan Kamil masih konsisten berada di posisi teratas, termasuk dalam survei tingkat individual calon gubernur. Ia memperoleh elektabilitas 47,9 persen, jauh mengungguli Pramono Anung (35,8 persen) dan Dharma Pongrekun (5,3 persen).

Baca juga: Janji Pramono Anung untuk Jakmania: JIS Bakal Jadi Markas Persija

Survei Charta Politika ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar di enam wilayah administrasi Jakarta, dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Para responden dipastikan memiliki hak pilih pada Pilkada Jakarta tahun ini, yang diprediksi akan berlangsung sengit hingga hari pencoblosan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil-Suswono

RK-Suswono

Survei


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami