Jurnalistika
Loading...

5 Klub Top Eropa yang Pecat Pelatih Musim Ini, Dua dari Liga Inggris

  • Arief Rahman

    27 Mei 2024 | 16:35 WIB

    Bagikan:

image

Xavi Hernandez dipecat oleh Barcelona pada musim 2023-2024. (Dok. Barcelona)

jurnalistika.id – Sejumlah klub top Eropa memutuskan untuk memecat pelatih di ujung musim 2023-2024. Hampir semua juru taktik yang dipecat melewati musim yang buruk bersama tim asuhannya.

Pemecatan pelatih oleh klub telah menjadi hal yang lumrah dalam perjalanan sepak bola dunia. Bahkan ada juga yang dipecat di tengah musim, seperti Steven Gerrard dari Aston Villa, Patrick Vieira dari Crystal Palace, hingga Frank Lampard dari Chelsea.

5 Klub Top Eropa yang Pecat Pelatih Musim Ini

Berikut dirangkum jurnalistika.id lima klub top Eropa yang telah memecat pelatihnya.

1. Chelsea dan Pochettino

Dalam pengumuman resmi yang dirilis Chelsea, pihak klub dan pelatih Mauricio Pochettino berpisah musim ini dengan persetujuan bersama. Kepergian pelatih asal Argentina ini tidak lama setelah The Blues berakhir di peringkat keenam di Liga Inggris.

Baca juga: Graham Potter Bisa Gantikan Erik Ten Hag Jika Sir Jim Ratcliffe Beli Saham MU

Satu musim bersama Chelsea, Pochettino membawa Enzo Fernandez dan kawan-kawan ke final Carabao Cup. Namun, tim London itu gagal merebut juara karena kalah dari Liverpool.

2. Brighton dan Roberto De Zerbi

Masih dari liga yang sama, Brighton telah resmi mengakhiri kerja sama dengan Roberto De Zerbi meski masih memiliki kontrak hingga Juni 2026. Duel melawan Manchester United di Liga Inggris menjadi laga terakhirnya.

Brighton sempat menunjukkan taji yang luar biasa di Liga Inggris pada awal musim. Tetapi di penghujung musim The Seagulls malah terperosok ke peringkat ke-11. 

3. AC Milan dan Stefano Pioli

Setelah membela AC Milan sejak 2019, Stefano Pioli kini berstatus tanpa klub setelah klub tidak lagi memperpanjang kontraknya yang habis di akhir musim 2023-2024. Meski bisa membawa Milan ke posisi 3 Serie A, namun performanya cukup buruk musim ini.

Terlebih sepanjang membela AC Milan, Stefano Pioli belum pernah memenangkan laga derby melawan Inter Milan. Hasil yang sering membuat fans mendorong dirinya untuk hengkang.

4. Juventus dan Massimiliano Allegri

Memboyong Piala Coppa Italia ke Turin musim ini tidak cukup untuk mempertahankan status Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus. Tepat setelah mengalahkan Atalanta di final Coppa Italia, Si Nyonya Tua resmi memecat Allegri.

5. Barcelona dan Xavi Hernandez

Terakhir, Xavi Hernandez dipastikan tidak akan menangani Barcelona di musim 2024-2024. Pasalnya, ia sudah resmi dipecat oleh Blaugrana. Disinyalir bahwa komentarnya mengenai keuangan klub menjadi alasan Joan Laporta untuk memutus kontrak sang pelatih.

Selain pelatih-pelatih yang dipecat di ujung musim itu, ada Jose Mourinho dari klub top AS Roma yang lebih dulu dipecat. Kemudian ada juga beberapa juru taktik yang memilih mundur, seperti Jurgen Klopp (Liverpool) dan Thomas Tuchel (Bayern Munchen).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

klub eropa

liga inggris

Liga italia

liga spanyol

pelatih


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami