Jurnalistika
Loading...

8 Hal yang Perlu Diketahui Usai Liga Inggris 2022-2023 Berakhir

  • Arief Rahman

    29 Mei 2023 | 15:05 WIB

    Bagikan:

image

Logo Liga Inggris.(Dok. Premiere League)

jurnalistika.id – Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui setelah pekan terakhir Liga Inggris musim 2022-2023 selesai bergulir pada Minggu (28/2/2023). Mulai dari tim yang bakal turun kasta di periode mendatang hingga daftar pencetak gol terbanyak.

Sepuluh pertandingan pekan ke-38 Liga Inggris digelar pada hari yang sama. Aston Villa, Everton, dan Brentford amankan kemenangan di kandang sendiri. Sementara, Manchester City, Tottenham, dan Brighton kalah di kandang lawan.

Manchester United menyempurnakan kedudukan di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris usai menang comeback atas Fulham. Satu gol dari Kenny Tete dibalas Jadon Sancho dan Bruno Fernandes.

Chelsea kembali menelan hasil kurang maksimal karena hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Newcastle di hadapan penggemar sendiri. Adapun Leicester tetap tak bisa mengeluarkan diri dari zona degradasi meski menang 2-1 melawan West Ham United.

Baca juga: Rekap Pekan Terakhir Liga Inggris, Man United Comeback Atas Fulham 2-1

Kemudian, Arsenal menutup laga terakhir mereka dengan penampilan tajam. Lima gol bersarang ke gawang Wolves di Emirates Stadium dan tak satu pun dibalas. Southampton amankan satu poin setelah bermain imbang melawan Liverpool. Begitupun Crystal Palace kala menjamu Nottingham Forest.

8 Hal yang Perlu Diketahui Usai Liga Inggris Berakhir

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui setelah Liga Inggris musim 2022-2023 berakhir.

1. Manchester City Juara

Manchester City menjadi kampiun Liga Inggris musim ini sekaligus mempertahankan gelar juara tiga kali beruntun. Pasukan Pep Guardiola finis di peringkat pertama dengan torehan 89 poin, unggul lima angka di depan Arsenal yang sebelumnya berada lama di puncak klasemen.

2. Empat Tim Dapat Tiket Liga Champions

Tim empat besar Liga Inggris mengamankan tiket untuk tampil di pentas Liga Champions musim mendatang. Selain Manchester City sebagai juara, ada Arsenal yang akan kembali merasakan persaingan ketat di kompetisi antarklub Eropa  itu.

Kemudian, Erik ten Hag juga bisa membawa Manchester United bermain di ajang serupa. Begitu juga Newcastle yang akan unjuk kemampuan di luar Liga Inggris setelah penantian panjang.

3. Liverpool dan Brighton ke Liga Eropa, Aston Villa ke LKE

Setelah bertahun-tahun selalu tampil di Liga Champions di bawah asuhan Jurgen Klopp, dan bahkan sempat juara. Liverpool harus puas dengan hasil yang mereka peroleh musim ini di Liga Inggris dan akan turun kasta ke Liga Eropa musim depan.

Sementara Brighton sebaliknya, mereka akan merasakan atmosfer perebutan gelar juara di kompetisi luar Liga Inggris setelah satu abad lebih penantian. Kemudian, ada pula Aston Villa yang akan bermain di Liga Konferensi Eropa (KLE).

4. Leicester, Leeds, Southampton Degradasi

Juara Liga Inggris musim 2015-2016, Leicester City tidak akan lagi bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris musim depan. Sebab mereka hanya bisa finis di urutan ke-18, dan mereka akan menemani Leeds United bersama Southampton di Liga Championship.

5. Tim Promosi Amankan Diri

Tiga tim yang promosi dari Liga Championship atau kasta kedua Inggris, yakni Fulham, Nottingham Forest dan Bournemouth mampu mengamankan diri untuk tetap bermain di Liga Inggris. Fulham mengakhiri musim menduduki peringkat ke-10, Nottingham Forest ke-16 dan Bournemouth ke-15.

6. Erling Haaland Jadi Tops Skor

Baru semusim di Liga Inggris, Erling Haaland sudah bisa membuktikan kualitasnya dengan mencetak 36 gol dari 35 pertandingan. Rekor tersebut membuat namanya berada di urutan pertama daftar tops skor, diikuti Harry Kane (30), Ivan Toney (20), Mohamed Salah (19) dan Cullum Wilson (18).

7. Kevin De Bruyne Jadi Assist Leader

Kevin De Bruyne menjadi pencetak assist terbanyak di Liga Inggris musim ini. Gelandang asal Belgia itu membukukan 16 assist, unggul empat angka dari Leandro Trossard dan Mohamed Salah. Selisih lima dari Bukayo Saka dan Michael Olise.

8. David De Gea Dapat Sarung Tangan Emas

Meski beberapa kali melakukan kesalahan (blunder) di Liga Inggris, David De Gea tetap menjadi kiper yang paling banyak mendapatkan clean sheet. Penjaga gawang Spanyol itu 17 kali tanpa kebobolan, karenanya ia berhak mendapat sarung tangan emas.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

liga inggris

Manchester City

Manchester United


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami