Jurnalistika
Loading...

Bahlil Bantah Golkar Kembali Dukung Airin karena Pidato Megawati

  • Jurnalistika

    27 Agt 2024 | 16:05 WIB

    Bagikan:

image

Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia. (Dok. Setkab)

jurnalistika.id – Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, membantah dukungan partainya kepada pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 merupakan hasil kajian politik internal dan komunikasi yang matang dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ia menekankan bahwa keputusan ini tidak terkait dengan pidato Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang sempat viral.

“Oh, tidak ada hubungannya dengan pidato si a, b, c. Partai Golkar ini independen. Tidak akan bisa dipengaruhi oleh pidato si a, b, c. Justru Golkar harus mempengaruhi tentang isu-isu politik kebangsaan,” ujar Bahlil saat menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Selasa (27/8/2024).

Baca juga: Bukan Anies, PDIP Akan Usung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024

Pernyataan ini muncul setelah beberapa spekulasi yang mengaitkan dukungan Golkar kepada Airin-Ade sebagai bentuk respon terhadap pidato Megawati.

Bahlil menegaskan bahwa keputusan untuk mengusung Airin dan Ade di Pilgub Banten adalah hasil dari kajian politik yang mendalam dan bukan karena pengaruh pihak lain.

“Jadi keputusan Golkar ini semata-mata adalah sebuah keputusan hasil kajian politik mendalam. Tentu, namanya politik, ada komunikasi politik. Dengan KIM, kita melakukan komunikasi,” tambahnya.

Bahlil juga menjelaskan bahwa komunikasi politik yang baik dan kemampuan lobi menjadi kunci dalam pengambilan keputusan politik Golkar.

“Jadi sekali lagi, tidak ada hubungannya dengan pidato si a, b, c. Pidato kami hari ini adalah pidato Ketua Partai Golkar,” tegasnya.

Pidato Megawati Sebelumnya

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam sebuah acara di Kantor DPP PDIP, Senin (26/8), meminta Airin Rachmi Diany untuk mengenakan seragam merah hitam khas PDIP.

Megawati menegaskan bahwa jika Airin ingin diusung oleh PDIP, ia harus menunjukkan komitmennya dengan mengenakan seragam partai tersebut.

“Saya tadi tanya itu sama Mbak Airin, ya. Nanti mesti pakai ini, lho, merah item,” kata Megawati dalam acara pemberian surat rekomendasi gelombang ke-III PDIP untuk Pilkada 2024 di DPP PDIP.

Baca juga: Saat Megawati Minta Airin Pakai Seragam Merah-Hitam Khas PDIP

Megawati menekankan komitmen merupakan hal penting bagi Airin jika ingin maju sebagai calon yang diusung PDIP. Sekaligus menegaskan tidak ada jalan tengah dalam urusan keanggotaan partai.

“Kalau mau masuk sebuah partai, ya masuk, kalau tidak, ya tidak,” ujarnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Airin Rachmi Diany

Bahlil Lahadalia

Golkar

megawati soekarnoputri

PDIP

Pilkada 2024

Pilkada Banten 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami