Jurnalistika
Loading...

Bonus SEA Games 2023 Capai Rp289 Miliar, Jokowi: Jangan Beli Barang Mewah

  • Arief Rahman

    06 Jun 2023 | 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Presiden Jokowi bersama beberapa atlet SEA Games 2023 Kamboja. (Dok. presidenri.go.id)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus dengan total Rp289 miliar kepada atlet peraih medali pada SEA Games 2023 Kamboja di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023). Dalam daftar besaran bonus masing-masing para atlet tercatat mendapat hadiah tambahan di atas Rp100 juta.

Jokowi berpesan kepada seluruh penerima bonus SEA Games agar tidak menghamburkannya dengan membeli barang-barang mewah yang tidak bermanfaat. Menurutnya, lebih baik digunakan sebagai investasi jangka panjang.

“Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang. Jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat,” kata Jokowi.

Kepala Negara itu menjelaskan, apabila uang bonus digunakan untuk membeli barang bernilai investasi tinggi. Kemudian bersifat jangka panjang, maka nilainya akan terus naik.

Baca juga: Daftar Bonus SEA Games 2023, Olahragawan Perorangan Dapat Hingga Rp525 Juta

Berbeda kalau digunakan untuk membeli barang yang harganya akan turun setiap tahun. Maka secara otomatis biaya yang dikeluarkan pun nilainya akan turun.

“Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (nilainya). Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang,” ujarnya.

Presiden Jokowi Apresiasi Perjuangan Kontingen Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi atas perjuangan kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Sebab, sudah membawa pulang trofi melebih target yang ditetapkan.

Sebelumnya, Indonesia menargetkan 67 medali emas sebelum berangkat ke Kamboja. Namun, setelah pesta olahraga dua tahunan tersebut selesai Tim Merah Putih bisa merebut 87 medali emas.

Berkat kerja keras para atlet Indonesia dari seluruh cabang olahraga yang ada itu pula, Indonesia menempati posisi ketiga di klasemen akhir di bawah Thailand dan Vietnam. Dengan catatan medali, 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Salah satu yang mengejutkan, kata Jokowi adalah tim basket putri yang tidak pernah meraih emas selama 64 tahun bisa memperolehnya di Kamboja. Begitu pula tim hoki indoor putra dan kriket putri bisa mencatat sejarah meraih medali emas untuk pertama kalinya. Kemudian timnas sepak bola juga meraih emas setelah menanti selama 32 tahun.

“Ini saya kira masyarakat saat ini sangat senang dan bangga atas lompatan perolehan medali emas di 87 medali,” ungkap Jokowi.

“Saya atas nama masyarakat, rakyat, bangsa, negara menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas perjuangan saudara-saudariku semuanya baik peraih medali, atlet, pelatih, asisten pelatih, pendamping dan semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu,” sambungnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

bonus SEA Games 2023

jokowi

SEA Games 2023


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami