Jurnalistika
Loading...

Demokrat Cabut Dukungan ke Anies, Keluar dari Koalisi Perubahan!

  • Firman Sy

    02 Sep 2023 | 12:55 WIB

    Bagikan:

image

Ketua Umum Partai Demokrat. (Dok. demokrat.or.id)

jurnalistika.id – Partai Demokrat resmi mencabut dukungan kepada bakal calon presiden Anies Baswedan pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Partai berlambang ‘Bintang Mercy’ ini juga menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan dan Perbaikan yang digawangi bersama Partai NasDem dan PKS.

“Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024,” kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (1/9/2023) malam.

Rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang berlangsung sekira dua jam tersebut dipimpin langsung oleh SBY. Dalam rapat itu, hadir juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kedua, Partai Demokrat tidak lagi berada di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) karena telah terjadi pengingkaran terhadap kesepakatan yang dibangun selama ini,” kata Andi.

Dalam pembukaan rapat tersebut, SBY angkat bicara ihwal pengkhianatan yang dilakukan Anies dan Partai Nasdem. Ia pun menyinggung peribahasa “musang berbulu domba” yang hanya terlihat baik dan lembut di depannya.

Ia sendiri memahami perasaan seluruh kader Partai Demokrat ketika adanya peristiwa tersebut. Apalagi, keputusan untuk berkoalisi dengan PKB dilakukan sepihak oleh Partai Nasdem dan Anies, tanpa mengajak rekan koalisinya.

Namun, menurutnya, itu bukanlah akhir bagi Partai Demokrat dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia meminta peristiwa tersebut dijadikan sebagai ujian yang menjadikan partai berlambang bintang mercy itu menjadi lebih kuat.

“Bayangkan kalau di masa depan kita punya mitra koalisi yang tidak tunduk, tidak patuh pada kesepakatan yang kita buat bersama, apalagi kalau mendikte, mengatur yang lain. Termasuk capres memaksakan kehendak dan tidak menganggap yang lain, saya kira bukan itu koalisi yang hendak kita bangun,” kata SBY.

Diberitakan sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Anies yang digadang-gadang berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tidak terwujud.

Anies malah dipasangkan dengan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Hal tersebut dibongkar oleh Partai Demokrat.

Alhasil, Partai Demokrat mencabut dukungannya atas Anies.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Anies Baswedan

Demokrat

Pemilu 2024

Pilpres 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami