Jurnalistika
Loading...

Ditutup Besok, Ini 9 Parpol yang Sudah Setor Nama Bacaleg ke KPU Tangsel

  • Firman Sy

    13 Mei 2023 | 19:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi: Beberapa bendera parpol peserta pemilu di Tangsel. (Dok: Jurnalistika/Firman)

jurnalistika.id – Beberapa partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 sudah menyambangi Kantor KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk menyerahkan nama bakal calon legislatif (Bacaleg). Tercatat, hingga Sabtu (13/5/2023) atau hari ke-13 sejak pendaftaran dibuka pada Senin (1/5) lalu, sembilan parpol sudah mendaftarkan kadernya sebagai Bacaleg Pemilu 2024.

Pantauan Jurnalistika pada Sabtu (13/5), ada empat partai yang menyerahkan nama Bacalegnya pada H-1 pendaftaran Bacaleg ditutup. Partai Gerindra tiba di kantor KPU Tangsel sekitar pukul 12.45 WIB. Rombongan partai besutan Prabowo Subianto itu dipimpin Ketua DPC Gerindra Tangsel, Li Claudia Chandra.

Li meyakini, kader yang didaftarkan sebagai Bacaleg DPRD Tangerang Selatan merupakan kader terbaik Gerindra. Sehingga akan mendongkrak perolehan kursi partai berlogo Burung Garuda itu.

“50 bacaleg hebat ini adalah kader-kader terbaik Gerindra Kota Tangerang Selatan yang telah lolos administrasi dan penilaian internal partai,” kata perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Tangsel ini.

Satu jam berselang, giliran Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB yang tiba di Kantor KPU di Jalan Raya Serpong, Kecamatan Setu, Tangsel itu. Rombongan PKB tiba diiringi shalawat dengan musik hadroh.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKB Kota Tangsel, Mutmainnah mengatakan, partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu serentak melakukan pendaftaran pada hari ini.

“PKB se Indonesia melakukan pendaftaran secara serentak di Indonesia pada pukul 14.00 WIB,” katanya.

Tak lama setelah rombongan PKB bergerak meninggalkan gedung KPU, giliran Partai Ummat tiba untuk menyerahkan daftar nama Bacalegnya. Partai yang dipimpin Amien Rais ini menjadi parpol non parlemen pertama yang telah mendaftarkan kadernya sebagai Bacaleg ke KPU Tangsel.

Terakhir, sekitar pukul 15.30 WIB, giliran rombongan Partai Demokrat yang tiba untuk menyerahkan daftar nama Bacalegnya. Rombongan Partai berlogo Mercy ini dipimpin Julham Firdaus.

“Partai Demokrat Kota Tangerang Selatan dalam status pengajuan bakal caleg DPRD dinyatakan lengkap dan diterima,” ujar Julham.

Sebelumnya, pada Kamis (11/5) empat parpol peserta Pemilu 2024 juga telah mendatangi kantor KPU Tangsel untuk mengajukan daftar nama Bacaleg. Keempat parpol itu yakni, PKS, PDI Perjuangan, NasDem, dan PSI. Sehari kemudian atau kemarin, giliran rombongan PAN yang menyerahkan daftar nama bakal calegnya.

Hingga hari ke-13 atau H-1 sebelum pendaftaran ditutup, KPU Tangsel telah menerima berkas pencalonan bacaleg Pemilu 2024 dari sembilan partai politik.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(fsy/red)

bacaleg

Caleg Tangsel

KPU Tangsel

Pemilu 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami