Jurnalistika
Loading...

Dua Pekan Usai Mundur, Bambang Susantono Sudah Dapat Jabatan Baru Lagi dari Jokowi di IKN

  • Arief Rahman

    13 Jun 2024 | 15:25 WIB

    Bagikan:

image

Bambang Susantono. (Dok. setkab.go.id)

jurnalistika.id – Kurang lebih dua pekan sejak mundur dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono sudah mendapatkan jabatan baru lagi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk proyek pembangunan IKN.

Bambang Susantono kini diangkat oleh Jokowi sebagai utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan IKN. Penugasan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024 yang diteken pada Selasa (11/6/2024).

“Pada tanggal 11 Juni 2024, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024 tentang pengangkatan Bapak Bambang Susantono sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana keterangan tertulis, Kamis (13/6/2024) dikutip Antara.

Baca juga: Isu Tokopedia PHK Karyawan Besar-besaran Mencuat, GOTO Buka Suara

Tugas baru Bambang sebagai Utusan Khusus Presiden yakni mendorong masuknya investasi asing di IKN. Kemudian membantu pelaksanaan market sounding pembangunan IKN dalam  pertemuan bilateral maupun internasional.

“Serta melaksanakan tugas lain yang berkaitan dengan kerja sama internasional pembangunan IKN yang diberikan oleh Presiden,” ujar Ari.

Presiden Jokowi memang sudah sempat mengaku akan memberikan tugas baru untuk Bambang untuk mempercepat pembangunan di IKN. Jokowi menilai sosok Bambang adalah orang yang berpengalaman dalam kerjasama internasional yang dapat bermanfaat untuk negara.

“Karena memang pengalaman beliau di internasional kita manfaatkan sebesar-besarnya bagi kebaikan Negara,” kata Presiden Jokowi.

Bambang Mundur pada 3 Juni Lalu

Sebelumnya, Bambang telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN. Bersamaan dengan mundurnya Wakil Kepala OIKN, Dhony Rahajoe.

Baca juga: 4 Fakta Soal Ruben Onsu Gugat Cerai Sarwendah

Pengunduran keduanya diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada 3 Juni 2024 lalu. Disampaikan setelah Presiden Jokowi menerima surat pengunduran diri terlebih dahulu dari  Dhony kemudian disusul Bambang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono lantas diangkat menjadi Plt Kepala OIKN. Sementara yang menjadi Wakil Kepala OIKN adalah Wakil Menteri OIKN, Raja Juli Antoni.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Bambang Susantono

Ibu Kota Nusantara

IKN


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami