Jurnalistika
Loading...

Gibran Sindir Jawab Sambil Baca Catatan, Cak Imin: Yang Penting Bukan Catatan MK

  • Arief Rahman

    22 Jan 2024 | 09:05 WIB

    Bagikan:

image

Cak Imin dan Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024). (Tangkapan layar YouTube KPU)

jurnalistika.id – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyindir cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menjawab pertanyaan debat sambil membaca catatan.

Awalnya, Cak Imin menjelaskan soal subsidi pupuk untuk petani. Terlihat Ketua Umum Partai PKB itu beberapa kali menunduk seperti melihat catatan.

“Enak banget ya Gus ya, jawabannya sambil baca catatan,” sindir Gibran saat mendapat giliran menanggapi Cak Imin di segmen kedua Debat Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Sindiran ini lantas dibalas Cak Imin saat tiba gilirannya dengan mengatakan apa yang disampaikan Gibran hnya mengulang apa yang telah disampaikan olehnya.

“Terimakasih Pak Gibran, yang Anda sampaikan hanya mengulang apa yang saya sampaikan,” tutur Cak Imin.

Cak Imin Balas Lagi di Segmen Lain

Tak sampai di situ, dalam segmen ketika mendapatkan giliran menjawab pertanyaan panelis tentang fenomena urbanisasi, Cak Imin juga kembali membalas Gibran soal sindirannya tentang membawa catatan.

“Desa adalah daerah yang cenderung ditinggal warganya, dampaknya desa makin kehilangan sumber daya manusia potensialnya. Bagaimana kebijakan dan strategi agar warga desa lebih berminat untuk tinggal dan membangun desanya” kata moderator membacakan pertanyaan panelis.

Baca juga: Momen Mahfud MD Balas Celingukan Gibran Cari Jawaban di Debat Cawapres

Saat hendak menjawab pertanyaan tersebut, Cak Imin terlihat sempat berdiam beberapa detik melihat kertas yang ia bawa di atas podium. Lantas kembali menyindir Gibran sebelum menjawab.

“Saya catat sedikit, yang penting ini bukan catatan MK (Mahkamah Konstitusi), ” kata Cak Imin.

Penonton sontak bergemuruh mendengar ucapan Cak Imin tersebut. Tak lama, ia lalu melanjutkan menjawab pertanyaan panelis tentang urbanisasi.

Cak Imin menyatakan sepakat untuk mewujudkan desa tertinggal menjadi maju dan mandiri. Ia mencatat per hari ini masih ada 4 ribu desa tertinggal yang belum menjadi maju dan mandiri.

“Ini bukti infrastruktur baik dan dana desa baik, sehingga masyarakat desa makin kerasan. Nanti kita siapkan lagi anggaran Rp5 miliar per desa, agar tidak hanya infrastruktur baik, tapi kehidupan ekonomi tumbuh dari bumdes,” katanya.

Dalam debat keempat Pilpres 2024 diberikan kesempatan untuk tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Acara saling sanggah tersebut diselenggarakan KPU di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Sebagai informasi, dalam acara debat KPU memang memperbolehkan peserta untuk membawa catatan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Cak Imin

debat cawapres

Gibran Rakabuming Raka

Muhaimin Iskandar

Pemilu 2024

Pilpres 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami