jurnalistika.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GoTo dan Tiktok resmi mengumumkan kemitraan strategis. Kongsi antara kedua perusahaan ini bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM Indonesia.
Melalui siaran pers yang dirilis di laman Newsroom Tiktok pada Senin (11/12/2023), sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan Tiktok Shop Indonesia akan dikombinasi di bawah PT Tokopedia.
Namun, Tiktok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Artinya fitur layanan belanja dalam aplikasi Tiktok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Dalam menjalin kerja sama ini, Tiktok juga akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp23,42 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia.
“Tiktok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat, sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia. Tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan di Tokopedia,” tulis Tiktok dalam siaran persnya, seperti dikutip pada Senin (11/12).
Baca juga: Hasil Survei Elektabilitas 3 Capres-Cawapres Terbaru Jelang Debat Pilpres 2024
Lewat kesepakatan GoTo dan Tiktok, mereka berharap dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah penggabungan dengan Tiktok Shop Indonesia diyakini bisa membawa keuntungan bagi GoTo.
“Termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand service dari Gojek. Goto juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut,” demikian keterangan dalam siaran pers.
Kemitraan antara GoTo dan Tiktok ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Adapun program yang diluncurkan pada masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai pada 12 Desember 2023. Bertepatan dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas).
Janjikan Beri Manfaatkan Luas Kepada Pelaku UMKM Indonesia
Setelah terjalin kerja sama ini, Tiktok, Tokopedia dan Grup GoTo menjanjikan akan memberikan manfaat lebih luas pada para pelaku UMKM di Indonesia. Lewat pemanfaatan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja dalam lima tahun mendatang.
“Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari tiktok,” kata mereka.
6 Dukungan dari Kerja Sama GoTo dan Tiktok kepada Pelaku UMKM
Berikut adalah enam dukungan yang dimaksud oleh Goto dan Tiktok.
- Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok
- Huluisasi UMKM – mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan)
- Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang
- Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional
- Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia
- Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.