Jurnalistika
Loading...

Indonesia Targetkan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

  • Jurnalistika

    30 Jul 2024 | 08:05 WIB

    Bagikan:

image

Greysia Polii, kanan, memeluk rekannya Apriyani Rahayu setelah menang final ganda putri bulu tangkis di Olimpiade Tokyo pada 2 Agustus 2021. (Dok. PBSI)

jurnalistika.id – Indonesia berencana ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. Keinginan ini disampaikan dalam pertemuan Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Paris pada Minggu (28/7/2024) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua PSSI, Erick Thohir.

Thohir menyatakan bahwa tujuan Prabowo adalah menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama untuk acara-acara internasional kelas dunia.

“Kami mempresentasikan potensi Indonesia untuk menjadi tuan rumah acara olahraga internasional di masa depan, termasuk Olimpiade,” tulis Thohir dalam unggahan Instagram-nya pada hari Minggu.

Baca juga: Presiden Jokowi Mulai Bekerja dari Ibu Kota Nusantara (IKN)

Olimpiade Paris 2024 yang dimulai pada 26 Juli dan berlangsung hingga 11 Agustus, turut diikuti oleh 29 atlet Indonesia yang berkompetisi dalam 12 cabang olahraga.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 seperti Mesir, Qatar, Turki, dan India. IOC berencana untuk memilih kota tuan rumah setelah tahun 2025.

Los Angeles, Amerika Serikat, akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. Sementara Brisbane, Australia, telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Thohir menyoroti rekam jejak Indonesia dalam menyelenggarakan acara-acara besar. Termasuk World Superbike dan MotoGP di Mandalika.

Lalu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, ASEAN Para Games 2022 di Solo, Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta, hingga FIBA Basketball World Cup 2023 di Jakarta.

“Semangat Bapak Prabowo terhadap olahraga mendorong visinya untuk melihat Indonesia sebagai tuan rumah acara-acara global,” tulis Thohir.

Minat Prabowo Sudah Sejak KTT G-20

Prabowo Subianto, yang akan menjabat sebagai presiden pada Oktober mendatang menggantikan Joko Widodo (Jokowi), sebelumnya telah menyatakan aspirasi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dalam KTT G-20 di Bali pada November 2022.

Pada saat itu, Jokowi menyatakan kesiapan Indonesia untuk menyelenggarakan Olimpiade 2036 di ibu kota baru Nusantara (IKN).

Baca juga: Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024, Thailand Bisa Dikalahkan!

Setelah KTT G-20 2022, IOC mengonfirmasi bahwa Indonesia telah dimasukkan dalam fase dialog berkelanjutan dari proses pencalonan. Seperti yang dilaporkan oleh GamesBids.com.

Sebagai bagian dari fase ini, delegasi Indonesia dengan status pengamat akan mengunjungi Olimpiade Paris dan memantau persiapan untuk Olimpiade Los Angeles 2028.

Sumber

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Indonesia

tuan rumah olimpiade


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami