Jurnalistika
Loading...

Ini 5 Calon Logo IKN, Mana yang Kamu Pilih?

  • Wilman Hakim

    05 Apr 2023 | 20:35 WIB

    Bagikan:

image

Miniatur kawasan IKN Nusantara. (dok: KemenPUPR)

jurnalistika.id – Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memiliki logo baru. Terdapat lima logo yang saat ini dapat masyarakat pilih atau vote sebagai logo IKN nantinya.

Sebelumnya, ada sekitar 500 desainer yang berpartisipasi dalam pembuatan logo IKN. Hingga pemerintah mengerucutkan lima desain terbaik dengan melibatkan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) sebagai kurator menuju grand finalnya.

5 Logo IKN yang Dapat Publik Pilih

Berikut ini lima calon Logo IKN yang lolos seleksi beserta makna dan artinya:

1. Agra Satria

Logo buata Agra Satria ini terinspirasi oleh Ragam Hias Pohon Hayat, selaras dengan kosmologi dasar Ibu Kota Negara Nusantara.

logo IKN
Sumber: Website IKN

2. Aulia Akbar

Logo milik Aulia Akbar ini terinspirasi dari terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah.

Simbol dasar yang tumbuh dari 5 akar ideologi bangsa (Pancasila), tumbuh mengalir menjadi 7 batang gugus pulau besar di Indonesia sebagaimana masyarakat maritim dengan wawasan Nusantaranya melihat laut dan alur sungai sebagai penghubung, yang lalu terhubung dalam satu lingkaran utuh yang menumbuhkan 17 kembang mekar sebagai simbolisasi kemerdekaan abadi.

logo IKN Nusantara
Sumber: Website IKN

3. Dimas Fakhruddin

Logo ini mengambil bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Berpusat pada simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai pondasi utama membangun IKN Nusantara; ia juga harapan agar kelak menjadi rumah bersama untuk saling bersinergi serta menjadi salah satu role model Kota Dunia.

Logo Ibu Kota Nusantara
Sumber: Website IKN

4. Ismiaji Cahyono

Logo buatan Ismiaji Cahyono ini terinspirasi dari kearifan Kampung, lingkungan rumpun keluarga yang tumbuh mandiri dalam keterhubungan. Unit terkecil kampung adalah rumah, tempat bertumbuh dan diayomi. Untuk masuk ke dalamnya kitaperlu melalui pintu dan dilindungi atap.

Sumber: Website IKN

5. Wildan Ilham

Logo ini merangkai masa lalu untuk masa depan yang kita tuju. Sejalan dengan ideologi, keluhuran budaya, dan semangat maju bersama di antara kita. Bersama, kita bersinergi dari Nusantara untuk Indonesia dan dunia.

Kelima logo tersebut dapat dipilih melalui website https://pilihlogoikn.telkomsel.com/ dari tanggal 4 April sampai 20 Mei 2023. Pemilih yang beruntung juga bisa mendapatkan hadiah berupa sepeda motor listrik bertanda tangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Wilman (internship)

IKN

IKN Nusantara

Logo IKN


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami