Jurnalistika
Loading...

Jokowi Kembali Jawab Soal Pindah ke IKN Juli 2024, Kini Singgung Hujan Deras

  • Arief Rahman

    17 Jul 2024 | 08:53 WIB

    Bagikan:

image

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. setkab.go.id)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjawab terkait rencana pindah berkantor ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Terbaru ia menyinggung mengenai cuaca di kawasan ibu kota tersebut yang disebut terus dilanda hujan.

Jokowi tak menampik ada rencana pindah berkantor ke IKN pada Juli 2024. Namun, masih terkendala dengan infrastruktur dasar yang belum mencukupi serta cuaca buruk yang membuat pembangunan terhambat.

“Ya melihat itu tadi, kesiapan itu. Kalau itu siap, kemarin memang targetnya kan Juli. Tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus. Hujan deras beanget jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Baca juga: Huru-hara IKN: dari Jokowi Batal Pindah Kantor hingga  Alasan Pembangunan Terhambat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta semua pihak memahami pembangunan IKN jangka panjang. Ia menilai proses selama tiga tahun terakhir sudah sangat baik.

“Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya,” jelas Jokowi.

Jokowi memperkirakan pada 17 Agustus nanti, jika pembangunan dihitung secara keseluruhan persentasenya sekitar 15 persen. Menurutnya, IKN masih membutuhkan investor untuk pembangunan di luar kantor pemerintahan.

“Ini masih memerlukan investasi, masih memerlukan investor dari dalam maupun luar. Itu yang sedang kita kejar,” ujar Jokowi.

“Kalau pemerintah kan kewajiban dari gedung-gedung pemerintahan istana presiden, wakil presiden dan oleh karena itu 100 persen dari APN,’ tambahnya.

Rencana Jokowi Pindah Kantor ke IKN Juli 2024

Sebelumnya, Presiden Jokowi melalui akun Instagram pribadinya mengutarakan rencana pindah ke IKN pada Juli 2024.

“Insyaallah, bulan Juli mendatang pun saya akan mulai berkantor di IKN,” kata Jokowi dalam unggahan di Instagramnya pada 5 Juni 2024.

Baca juga: Survei Elektabilitas Pilkada Jakarta 2024 Litbang Kompas: Anies Ungguli RK hingga Ahok

Kemudian, pada 8 Juli lalu, Jokowi kembali ditanya wartawan mengenai kepastian berkantor di IKN bulan ini. Namun, ia menjawab dengan mempertanyakan fasilitas dasar di IKN yang belum rampung sepenuhnya.

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau (sudah) siap, pindah,” kata Jokowi di Jakarta, Senin (8/7).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

IKN

jokowi

presiden joko widodo


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami