Jurnalistika
Loading...

Jokowi Lantik Menteri Pertanian Amran Sulaiman Gantikan SYL

  • Firman Sy

    25 Okt 2023 | 12:45 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Amran Sulaiman. (dok: IG/amransulaiman)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Diketahui, Amran merupakan eks Mentan pada periode pertama Jokowi menjabat presiden.

Pelantikan Amran sebagai Mentan dilakukan setelah setelah Syahrul Yasin Limpo (SLY) terjerat kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (25/10/2023) pagi.

Amran Sulaiman dilantik sebagai Mentan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-urusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian pernyataan Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan Mentan Amran Sulaiman.

Diketahui, Amran Sulaiman sempat dipanggil untuk menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (15/9/2023) lalu. Saat itu, Amran mengaku pertemuannya dengan Jokowi hanya membahas isu perekonomian. Mengingat kapasitas Amran sebagai pengusaha nasional.

Waktu itu Amran membantah mendapatkan tawaran untuk menjadi menteri di kabinet Jokowi. Menurutnya diskusi dia dengan Jokowi kerap dilakukan selepas dirinya meninggalkan jabatan Mentan.

“Tidak, tidak (ada tawaran menjadi menteri). Jadi memang bukan satu kali saja, kalau tidak salah selama saya tidak menjabat sudah lima kali dulu diskusi masalah tebu, pabrik gula yang sudah kita sudah operasi di Bombana dan itu pabrik gula modern,” kata Amran.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

amran sulaiman

Kabinet Indonesia maju

Kabinet Jokowi

Reshuffle Kabinet


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami