Jurnalistika
Loading...

Jokowi Lantik Menteri dan Wamen Baru, Ketum Projo Jabat Menkominfo

  • Firman Sy

    17 Jul 2023 | 12:45 WIB

    Bagikan:

image

Pelantikan menkominfo dan 5 wamen kabinet Jokowi. (Setkab)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) baru di Kabinet Indonesia Maju, Senin (17/7/2023) hari ini. Salah satunya, Jokowi menunjuk Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Ketua Umum Relawan Projo ini menggantikan posisi politikus NasDem Johnny G Plate yang terbelit dugaan kasus korupsi Tower BTS sebagai Menkominfo.

Di Kemenkominfo, Budi dibantu Wamen yang juga dilantik Jokowi hari ini, yakni Nezar Patria. Nezar sebelumnya menjabat sebagai staff khusus bidang komunikasi Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, Jokowi juga melantik sejumlah wamen di berbagai kementerian lainnya. Antara lain Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN, Pahala Mansury sebagai Wamen Kemenlu. Serta Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamen Kemenag, dan Paiman Raharjo sebagai Wamen Kemendes PDTT.

Kemudian Jokowi juga melantik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) baru. Mereka yaitu Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto.

Pelantikan sejumlah pejabat menteri dan wamen tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti sejumlah pejabat yang dilantik.

“Demi tuhan saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi yang diikuti pejabat baru yang dilantik, seperti disiarkan kanal YouTube Setpres RI, Senin (17/7/2023).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Kabinet Indonesia maju

Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami