Jurnalistika
Loading...

Jokowi Namai Dua Istana di IKN

  • Jurnalistika

    30 Jul 2024 | 06:05 WIB

    Bagikan:

image

Gedung Pemerintahan di IKN. (Dok. ikn.go.id)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menamai dua istana yang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKn), Kalimantan Timur. Pengumuman disampaikan oleh ajudan dekatnya pada hari Senin, (29/7/2024).

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, bangunan megah yang dirancang sebagai tempat tinggal resmi kepala negara itu akan diberi nama Istana Negara.

Sementara itu, bangunan lain yang berada di dataran tinggi akan disebut Istana Garuda. Namanya terinspirasi dari nama burung mitologi yang menjadi lambang negara.

Istana Garuda akan berfungsi sebagai tempat kerja presiden. Lalu yang gedung di bawahnya disebut Istana Negara.

Baca juga: Presiden Jokowi Mulai Bekerja dari Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi menghabiskan hari pertamanya bekerja dari IKN di Istana Garuda. Di tempat itu, ia menjadi tuan rumah pertemuan dengan Otoritas Nusantara dan menerima kunjungan pimpinan provinsi Kalimantan Timur.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Istana Garuda, Basuki menyampaikan pernyataan presiden mengenai penamaan gedung-gedung tersebut.

“Presiden mengatakan gedung ini bukan lagi kantor presiden. Sekarang namanya Istana Garuda. Bangunan di bawahnya namanya Istana Negara,” kata Basuki.

Basuki, yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Otoritas Nusantara, menegaskan bahwa nama-nama ini sudah resmi.

Presiden Jokowi, yang masa jabatan keduanya akan berakhir pada 20 Oktober, sebelumnya telah mengumumkan rencananya untuk menghabiskan beberapa bulan terakhir masa kepresidenannya dengan berkantor di IKN.

Janji itu tetap dilakukannya meskipun pembangunan masih berlangsung dan fasilitas kelas satu belum sepenuhnya tersedia.

Sumber

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

IKN

Istana Garuda

Istana Negara

jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami