Jurnalistika
Loading...

Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo Pasca Johnny Plate Jadi Tersangka

  • Arief Rahman

    19 Mei 2023 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

Presiden RI Joko Widodo. (Dok. Setkab.go.id)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD jadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pasca Johnny G Plate menjadi tersangka korupsi. Presiden belum menentukan pejabat definitif, untuk itu Mahfud dipercaya mengemban tugas tersebut untuk sementara waktu.

“Plt-nya Pak Menko Polhukam (Mahfud MD),” kata Presiden Jokowi, Jumat (19/5/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga turut mengomentari terkait kasus yang melibatkan Menkominfo Johnny Plate. Ia mengajak semua pihak agar menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

“Kita harus menghormati proses hukum yang ada,” ujarnya.

Kepala Negara meyakini, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI akan bekerja secara profesional dan terbuka dalam menangani kasus korupsi yang tengah jadi sorotan itu. 

“Yang jelas, Kejaksaan Agung pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus tersebut,” ungkapnya.

Johnny G Plate Jadi Tersangka

Seperti dilaporkan sebelumnya, Kejagung telah Menkominfo Johnny G Plate telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan menara base transceiver station (BTS) 4G. Dan Infrastruktur pendukung 1,2,3,4, dan 5 BAKTI Kominfo tahun 2022-2023.

Baca juga: Johnny Plate Tersangka, Anies Baswedan Akui Koalisi Parpol Pengusung Tak Goyah

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Agung Kuntadi mengatakan peran Plate dalam kasus tersebut terkait kewenangannya sebagai pengguna anggaran. Ditambah, ia juga menjabat sebagai Menkominfo.

“Tentunya, selaku pengguna anggaran dan selaku menteri. Atas hasil pemeriksaan tersebut sehingga tim penyidik hari ini telah meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka,” kata Kuntadi, Rabu (17/5).

Menurut BPKP kerugian keuangan negara akibat kasus korupsi ini ditaksir mencapai Rp8 triliun. Sementara tersangka Johnny Plate akan ditahan selama 20 hari kedepan setelah penetapan di Rutan Salemba Cabang Kejagung.

Mahfud MD Beberkan Jumlah Proyek Mangkrak

Terpisah, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membeberkan, BPKP menemukan sebanyak 985 tower proyek BTS 4 dalam kondisi mangkrak. Hal itu terungkap setelah Johnny Plate menjadi tersangka.

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Ada 985 Tower BTS 4G Kominfo Mangkrak, Imbas Kasus Johnny Plate?

“Tiang itu dilihat oleh satelit oleh BPKP. Kan hanya ada 985 itu pun semua dijadikan sampel tak ada, hanya barang-barang mati. Mangkrak dan belum ada barangnya,” ungkap Mahfud. Kamis (17/5).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

Johnny G. Plate

jokowi

Mahfud Md

Menkominfo

Presiden Jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami