Jurnalistika
Loading...

Kaesang Pangarep Unggul di Survei Pilgub Jateng, Batal Maju di Jakarta?

  • Jurnalistika

    01 Jul 2024 | 07:35 WIB

    Bagikan:

image

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berbicara dengan wartawan di Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024 (B-Universe Photo/Maria Gabrielle)

jurnalistika.id – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep, menjadi kandidat kuat dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2024 mendatang berdasarkan hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Kaesang baru saja bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan menjabat sebagai ketua sejak tahun lalu. Kaesang memasuki dunia politik lebih belakangan dibandingkan ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Meski begitu, survei LSI terbaru menunjukkan Kaesang diunggulkan oleh 25,6 persen responden di Jawa Tengah (Jateng). Dia unggul 9,4 poin dari mantan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi yang mendapatkan 16,2 persen dukungan.

Baca juga: Menanti Lawan Sepadan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024

Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berada di posisi ketiga dengan dukungan sebesar 13,4% persen.

Survei dilakukan oleh LSI dengan melibatkan 1.200 pemilih yang memenuhi syarat di Jawa Tengah. Margin of error survei ini adalah plus atau minus 2,8 poin persentase.

“Survei menemukan bahwa persaingan untuk gubernur di Jawa Tengah masih sangat terbuka karena semua calon potensial dapat saling mengungguli,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Faktor seperti popularitas calon dan tingkat persetujuan Presiden Jokowi bisa mempengaruhi hasil pemilihan.

Dalam pertanyaan terbuka yang melibatkan 21 calon potensial, Kaesang meraih 15,9 persen suara responden. Sementara Ahmad Luthfi memperoleh 12,9 persen.

Abdul Wachid mendapatkan 7,8 persen dan presenter Raffi Ahmad memperoleh 6,8 persen.

Sebelumnya, Kaesang sempat diisukan bakal bertarung pada Pilgub Jakarta 2024. Dia bahkan digadang-gadang akan berpasangan dengan Anies Baswedan.

Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah memastikan Anies Baswedan maju bersama kader partai Mohamad Sohibul Iman. Belum ada partai lain yang mengikuti langkah PKS sejauh ini.

Belum ada kabar terbaru juga dari Kaesang mengenai keputusan politiknya menuju Pilkada 2024.

Sumber

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Jateng

Jawa Tengah

Kaesang Pangarep

Pilkada 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami