Jurnalistika
Loading...

Kapan Awal Musim Hujan di Tangsel dan Sekitar? Ini Perkiraan BMKG

  • Jurnalistika

    02 Nov 2023 | 13:55 WIB

    Bagikan:

image

Suasana saat musim hujan di wilayah Tangsel. (Dok. Jurnalistika)

jurnalistika.id – Badan Metrologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di Pulau Jawa, termasuk daerah Tangerang Selatan (Tangsel) dan sekitarnya akan mulai pada November ini. Namun, kepastian tanggalnya tidak disebutkan secara rinci.

Dari pantauan Jurnalistika, cuaca di Tangsel per Kamis (2/11/2023) dari pagi hingga siang sekitar pukul 13.15 WIB masih tergolong panas. Menurut data pemantau udara IQAir, suhu di Tangsel masih berada di angka 34 derajat celcius.

Namun, pada awal November yakni Rabu (1/11), terlihat hujan sudah mulai mengguyur sebagian kecil daerah di Tangsel. Tetapi, intensitasnya tidak tinggi dan hanya berlangsung sebentar.

Menurut perkiraan BMKG, Pulau Jawa baru akan memasuki awal musim hujan pada November. Artinya, daerah-daerah di Banten termasuk Tangsel dan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Jawa Tengah akan kembali merasakan guyuran hujan dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Polisi Tangkap 4 Pemuda di Tangerang yang Cekoki Miras dan Perkosa Wanita 18 Tahun

Sementara, menurut BMKG daerah-daerah di luar Pulau Jawa sudah terlebih dulu memasuki musim hujan. Seperti di Papua, Kalimantan, Sulawesi, hingga Sumatera.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pernah menjelaskan perbedaan awal musim hujan di Indonesia itu pada acara Kapan Musim Hujan akan Datang yang diselenggarakan pada Sabtu (28/10/2023) lalu. Dia mengatakan, alasannya karena ada perbedaan pada posisi koordinat bujur sebuah wilayah.

Beberapa wilayah mengalami awal musim hujan yang mundur. Jumlah daerahnya mencapai 446 Zona Musim (ZOM) dengan rata-rata mundur tiga dasiran.

“Yang mundur lebih dari tiga dasiran itu sebagian besar wilayah yaitu 64 persen termasuk di sebagian Jawa, sebagian Sumatera Selatan, dan sebagian Kalimantan Selatan, itu mengalami kemunduran,” ungkap Dwikorita.

Adapun puncak musim hujan, menurut perkiraan BMKG periode 2023-2024 akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024. Hal itu akan terjadi pada 385 ZOM atau 55,08 persen.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

musim hujan

tangerang

Tangerang Raya

Tangerang Selatan


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami