Jurnalistika
Loading...

Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Ganjar, Duet Prabowo-Gibran Makin Nyata?

  • Arief Rahman

    18 Okt 2023 | 12:15 WIB

    Bagikan:

image

Pasangan capres-cawapres PDIP Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.. (Dok. Youtube PDI Perjuangan )

jurnalistika.id – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Mahfud MD,” kata Megawati dalam acara Pengumuman Calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Putusan MK Buka Peluang Gibran Maju Pilpres 2024 Meski Belum 40 Tahun

Megawati mengungkapkan alasan memilih Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar karena Menko Polhukam itu sudah kenyang pengalaman dalam perpolitikan Indonesia. Ditambah Megawati juga pernah kerja sama dengan Mahfud di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Saya perhatikan pengetahuan beliau di bidang hukum sangat penuh dengan pengalaman,” kata Megawati.

Lebih lanjut, Presiden kelima Republik Indonesia itu juga menilai Mahfud MD adalah intelektual mumpuni. Memiliki pengalaman mengisi instansi yudikatif, legislatif, dan eksekutif.

Duet Prabowo-Gibran Makin Nyata?

Dengan ditunjuknya Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo, kemungkinan duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semakin nyata. Mengingat Mahkamah Konstitusi juga baru saja memutuskan aturan baru mengenai batas usia cawapres sehingga memungkinkan Gibran ikut Pilpres 2024.

Baca juga: Putusan MK Soal Syarat Ikut Pilpres, Mahfud: Jangan Jadi Alasan Tunda Pemilu

Tidak hanya itu, pendukung Jokowi atau Projo-Jokowi yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto juga mengklaim kalau capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu menginginkan Gibran sebagai pendampingnya.

“Pak Prabowo bilang, tetap Prabowo-Gibran. Dia (Prabowo) bilang semua partai dukung,” kata Budi Arie, Rabu (17/10) dikutip Tempo.

Kendati demikian, kebenaran mengenai peluang Prabowo-Gibran berpasangan masih harus menunggu pengumuman resmi dari pihak KIM. Apalagi Gibran juga saat ini masih bersatus kader PDIP. Menurut informasi yang beredar, Partai Gerindra juga akan mengumumkan cawapres Prabowo pekan ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

capres

cawapres

Ganjar Pranowo

Mahfud Md

Megawati

PDIP


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami