Jurnalistika
Loading...

Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis 3 Bulan Mulai Juli 2023

  • Firman Sy

    23 Jun 2023 | 14:35 WIB

    Bagikan:

image

Kereta Cepat Jakarta Bandung diberi nama Whoosh. (Foto, dok: KCJB)

jurnalistika.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, pemerintah berencana menggratiskan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Kereta Cepat Jakarta-Bandung gratis rencananya diberlakukan saat masa uji coba pada Juli sampai Oktober 2023.

Melalui keterangan di akun Instagramnya, Ridwan mengatakan, gagasan naik kereta cepat Jakarta-Bandung gratis saat uji coba itu juga telah disetujui Menko Marves, Luhut B Panjaitan.

“Untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober. Pak @luhut.pandjaitan menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan kereta cepat ini,” kata Ridwan di Instagramnya, dikutip Jumat (23/6/2023).

Sebelumnya, Ridwan Kamil melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung bersama Menko Marves Luhut B Panjaitan dan Menhub Budi Karya pada Kamis (22/6). Mereka melakukan uji coba melalui rute mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, hingga Stasiun Tegalluar dan kembali lagi ke Stasiun Halim.

Usai menjajal kereta, Budi mengungkapkan perjalanan kereta berjalan lancar dengan kecepatan 350Km/jam. Terkait izin operasi, Budi mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan secara intensif bersama dengan pihak konsultan sebelum mengeluarkan izin operasi.

“Izin operasi kami berikan paling lambat 1 Oktober. Mungkin juga lebih cepat pada 18 Agustus,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ujicoba berjalan dengan baik. “Kami bisa rapat di dalam kereta tanpa terganggu suara yang keras. Ini merupakan suatu loncatan teknologi yang baik, ” ujar Luhut.

Dari hasil ujicoba dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit. Sementara dari Stasiun Tegalluar kembali menuju halim 44 menit.

Dengan kecepatan 350 km/jam, KCJB telah melewati kecepatan perjalanan kereta api reguler yang selama ini memiliki kecepatan hingga 120 km/h dan meraih rekor MURI.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

kereta cepat

Kereta Cepat Jakarta Bandung


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami