Jurnalistika
Loading...

Nomor Urut Capres-Cawapres 2024: Anies 1, Prabowo 2, Ganjar 3

  • Firman Sy

    14 Nov 2023 | 21:00 WIB

    Bagikan:

image

Anies Baswedan (kiri), Prabowo Subianto (tengah), Ganjar Pranowo (kanan). (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Tiga pasangan capres-cawapres yang akan berlaga pada Pilpres 2024 telah sah mengantongi nomor urut usai KPU menggelar pengundian, Selasa (14/11/2023) malam.

Pengundian dihadiri ketiga pasangan calon. Sebelum mengambil nomor urut, cawapres masing-masing mengambil nomor undian untuk mencari pasangan siapa yang mengambil nomor urut terlebih dahulu.

Yang mengambil nomor undian itu pun berdasarkan pada pasangan capres-cawapres yang pertama kali mendaftar ke KPU. Diketahui pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi pendaftar pertama.

Sehingga Muhaimin menjadi Cawapres yang pertama mengambil urutan pengambilan, disusul Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka.

Hasilnya Muhaimin mendapat nomor 8, Mahfud MD nomor 10, dan Gibran nomor 14. Sehingga berdasarkan mekanisme pengambilan nomor urut, pasangan Anies-Muhaimin mendapat giliran pertama.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang mendapatkan kesempatan awal, mendapatkan nomor urut 1. Selanjutnya giliran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 2.

“Dengan demikian nomor urut capres dan cawapres pemilu 2024 sebagai berikut,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami