Jurnalistika
Loading...

Pekerja Punya Rumah Tetap Wajib Iuran Tapera, Komisioner Ungkap Alasannya

  • Arief Rahman

    31 Mei 2024 | 18:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi perumahan. (Pixabay/wendysaputra11)

jurnalistika.id – Pekerja meski sudah punya rumah tetap wajib mengikuti iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Sebab aturan berlaku menyebut Tapera memiliki konsep gotong royong.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho, ia mengacu pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016.

Heru berujar kesenjangan kepemilikan rumah di Indonesia masih tinggi lantaran sebanyak 9,95 juta orang masih belum punya rumah. Tak sebanding dengan kemampuan pemerintah dalam menyediakan skema subsidi pembiayaan yang hanya kurang lebih 250 ribu rumah.

“Pertumbuhan demand tiap tahun 700 ribu  sampai 800 ribu keluarga baru yang nggak punya rumah. Jadi kalau mengandalkan pemerintah saja tak akan terkejar backlog-nya,” tutur Heru di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (31/5) dikutip CNN Indonesia.

Baca juga: Mahfud Sebut Hitungan Tapera Tidak Masuk Akal, Pekerja Tak Akan Dapat Rumah

Oleh karena itu, Heru mengatakan perlu ada grand design yang melibatkan masyarakat bersama pemerintah. Ia juga menegaskan bahwa konsep Tapera bukanlah iuran melainkan menabung.

Ia menambahkan, nantinya sebagian tabungan dari pekerja yang sudah punya rumah akan digunakan untuk mensubsidi KPR yang belum memiliki rumah. Tujuannya supaya bunga kreditnya tetap lebih rendah dari KPR komersil yang saat ini sebesar 5 persen.

“Jadi, kenapa harus ikut menabung? Ya prinsip gotong royong di UU-nya itu (UU Nomor 4 Tahun 2026,” ujarnya.

Lewat UU Tapera yang baru, pemerintah mengatur gaji pekerja dan pekerja mandiri sebesar 3 persen. Peserta tidak hanya diwajibkan bagi PNS, TNI, dan Polri melainkan juga melibatkan karyawan swasta dan pekerja mandiri (freelance).

Bedanya, gaji pekerja swasta akan dipotong 2,5 dan sisanya ditangkap perusahaan. Sementara buat para freelance akan menanggung semuanya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Tapera

UU Tapera


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami