Jurnalistika
Loading...

Penampakan Juki, Sosok Maskot Pilkada Tangsel 2024

  • Arief Rahman

    03 Jun 2024 | 09:35 WIB

    Bagikan:

image

Panampakan Juki, Maskot Pilkada Tangsel 2024. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

jurnalistika.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi meluncurkan “Juki” sebagai Maskot Pilkada Tangsel 2024. Peluncuran dilakukan di Serpong, Tangsel, Minggu (2/6/2024).

Maskot Pilkada Tangsel bernama “Juki” merupakan kepanjangan dari Juru Pilkada Kita. Figur simbolis itu akan sering ditemui nantinya pada masa-masa pemilihan kepala daerah.

Penampakan Juki cukup menarik, tampak kental dengan budaya daerah Banten yang merupakan Tanah Jawara. Warnanya putih dengan wajah tersenyum dan mata yang memancarkan kegembiraan.

Baca juga: Mahasiswi Unpam Tewas Tersenggol Truk di Tangsel, HMI Komfaktek Soroti Jam Operasional

Juki memakai topi atau kopiah hitam yang menjadi salah satu pakaian paling sering dipakai oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk para Jawara Banten. Lalu Juki tampak mengenakan pakaian putih.

Tidak hanya itu di pundak sebelah kiri Juki mengenakan syal berwarna ungu muda. Sementara di pinggangnya tersemat ikat pinggang yang ukuran lebih lebar khas pakaian adat Betawi.

Pakaian atas Juki semakin serasi dengan celana hitam yang dikenakan. Saat peluncuran, Juki dipamerkan di tangan kanannya sedang memegang paku yang digunakan untuk mencoblos surat suara. Sedangkan tangan kiri terlihat sedang memeluk kotak suara.

Baca juga: Pekerja Punya Rumah Tetap Wajib Iuran Tapera, Komisioner Ungkap Alasannya

Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2024. Tahapan dan jadwal pesta demokrasi ini sudah dimulai sejak 26 Januari 2024 sebagai tahapan perancangan program dan anggaran.

Sementara pengumuman pendaftaran pasangan calon akan dimulai pada 24 Agustus 2024. Lalu pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024 mendatang.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

pilkada tangsel 2024

Tangerang Selatan

Tangsel


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami