Jurnalistika
Loading...

Pendiri LSI Nilai Demokrat Bisa Beri Efek ke Prabowo Jika SBY Turun Gunung

  • Arief Rahman

    18 Sep 2023 | 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Susilo Bambang Yhudoyono bersama Prabowo Subianto. (Instagram @prabowo)

jurnalistika.id – Pendiri Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai bergabungnya Partai Demokrat di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dapat memberikan efek elektoral bagi Prabowo Subianto. Dengan catatan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) banyak membantu.

“Peran Demokrat untuk Prabowo yaitu dapat memberikan efek elektoral jika SBY all out dan turun gunung (memenangkan Prabowo),” kata Denny dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (18/9/2023).

Dengan peran SBY dalam mengerahkan kemampuan politiknya secara habis-habisan. Menurut Denny, hal itu akan sangat membantu Prabowo memenangkan Pilpres 2023. Mengingat SBY merupakan sosok yang memiliki pengalaman dan rekam jejak menang dua kali Pilpres yaitu pada tahun 2004 dan 2009.

Denny kemudian mencontohkan ketika masa Pilpres 2004 lalu. Waktu itu SBY menang telak dengan selisih 20 persen di atas saingan terdekatnya di putaran kedua.

Baca juga: AHY Akan Deklarasi Resmi Dukung Prabowo Capres Kamis Besok

Begitu juga saat Pilpres 2009, SBY mampu menang lebih dari 30 persen atas saingan terdekatnya. Sehingga pada saat itu, kontestasi pemilihan presiden hanya berlangsung satu putaran saja dengan tiga pasang capres.

“Saya ingat di 2009, menggemakan slogan Satu Putaran Saja. Begitu kuat gema slogan itu, menjadi polemik pro dan kontra. Saya pun diberi penghargaan News Maker of Election 2009 oleh perkumpulan wartawan (PWI Jaya) karena slogan yang saya buat itu terbukti dan menjadi perhatian utama,” ungkap Denny.

Dengan demikian, Denny meyakini kalau SBY turun gunung untuk mendukung Prabowo. Akan banyak sekali para pendukung lama Presiden ke-6 itu memberi sokongan. SBY juga bisa mengajak kembali komunitas lamanya untuk mendukung Prabowo.

“Demokrat juga dapat diberikan tugas khusus fokus di Jawa Timur, karena tulah wilayah battle ground yang menentukan menang dan kalah seorang capres,” tuturnya.

Lebih lanjut, Denny mengatakan jika bakal capres Ganjar Pranowo melawan Prabowo Subianto di putaran kedua Pilpres 2024. Maka kedua kandidat punya keunggulan tersendiri. Prabowo unggul di Jawa Barat, sedangkan Ganjar di Jawa Tengah, sehingga Jawa Timur jadi pertaruhan.

Partai Demokrat Dukung Prabowo

Seperti dilaporkan sebelumnya, SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah bertemu Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9). Dalam pertemuan ini, Partai Demokrat menyampaikan dukungan secara langsung kepada Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2024.

Baca juga: Demokrat Dukung Prabowo di Pilpres 2024, AHY Titipkan Agenda Perubahan

Adapun deklarasi resmi mendukung Prabowo akan disampaikan oleh AHY di pada saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat yang akan dilaksanakan pada Kamis (21/9) mendatang.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Partai Demokrat

Prabowo Subianto

sby

susilo bambang yudhoyono


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami