Jurnalistika
Loading...

Perjalanan Polemik Akun Kaskus Fufufafa: Dari Viral Hingga Spekulasi Gibran

  • Arief Rahman

    12 Sep 2024 | 16:26 WIB

    Bagikan:

image

Perjalanan akun kaskus Fufufafa yang diduga milik Gibran. (Dok. Ist)

jurnalistika.id – Akun Kaskus Fufufafa telah menjadi perbincangan dalam beberapa Minggu ke belakang. Bahkan tidak lagi menjadi sorotan di media sosial saja, tetapi sudah merambat ke obrolan-obrolan di berbagai kalangan.

Akun Fufufafa menjadi sorotan khususnya soal unggahan yang mencuri perhatian pada 2014. Dia tampak menuliskan komentar negatif terhadap Prabowo Subianto menjelang Pilpres kala itu.

Pada masa itu, unggahannya yang bersifat ofensif menuai kontroversi di kalangan netizen. Namun, isu tersebut kembali mencuat pada 2024 setelah beberapa pengguna media sosial mengaitkan akun tersebut dengan putra Presiden Jokowi sekaligus wakil presiden terpilih gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Kaesang ke AS Naik Jet Pribadi, Menkominfo Singgung Kehamilan Erina: Nggak Boleh Naik Angkutan Umum

Spekulasi ini muncul dari kesamaan gaya bahasa antara akun Fufufafa dan akun milik Gibran di platform lain. Salah satu unggahan paling viral adalah pertanyaan ringan mengenai tempat membeli gunting steak, yang secara kebetulan juga dibahas oleh akun catering milik Gibran di hari yang sama.

Tangkapan layar postingan Fufufafa dan Chili Pari Catering soal gunting steak. (Sumber: X)

Kecocokan ini menimbulkan dugaan bahwa Fufufafa dan Gibran adalah orang yang sama, atau setidaknya terkait erat.

Menghina Prabowo dan Sejumlah Pihak

Akun Kaskus Fufufafa semakin ramai dibahas setelah netizen menemukan komentar pedas terhadap Prabowo Subianto. Bahkan terkesan menghina Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Salah satu postingan akun Fufufafa soal Prabowo. (Sumber: X)

Akun tersebut bukan cuma menghina Prabowo sebagai pribadi, namun juga merambah hingga kekeluargaannya. Mulai dari membahas soal anak Prabowo hingga dirinya yang tidak beristri dikaitkan ketika pemilihan presiden 2019 silam.

Prabowo tidak menjadi satu-satunya pihak yang menjadi sasaran komentar pedas dari akun Fufufafa. Ada juga komentar terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjadi koalisi Gerindra saat Pilpres 2019.

Sumber: X

Bukan cuma itu, netizen juga menemukan rekam jejak digital akun Fufufafa yang kerap merendahkan perempuan. Melakukan pelecehan seksual secara verbal.

Kumpulan komentar akun Fufufafa soal perempuan. (Sumber: X @controversweet)

Situasi ini semakin rumit pada 2024 sebenarnya dimulai karena masyarakat sudah lebih peka terhadap perilaku politisi dan keluarga elit yang dianggap memamerkan gaya hidup mewah.

Hal ini dipicu setelah menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono, memposting perjalanan pribadi dengan jet mewah di media sosial. Netizen mulai menelusuri jejak digital keluarga Jokowi, dan menemukan keterkaitan antara akun Fufufafa dengan komentar-komentar yang menghina Prabowo.

Gibran Membantah, Kominfo Tidak Temukan Bukti

Meski demikian, baik Gibran maupun Menkominfo Budi Arie Setiadi membantah keterlibatan Gibran dengan akun Fufufafa. Gibran sendiri meminta publik menanyakan langsung kepada pemilik akun terkait tuduhan tersebut.

“Ya tanya yang punya akun,” kata Gibran saat ditanya soal akun Fufufafa di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Selasa (10/9/2024).

“Nanti kita cek. Yang pasti bukan punya Mas Gibran,” ujar Budi di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Kamis, (12/9/2024).

Sementara Budi Arie memastikan bahwa investigasi terhadap akun tersebut sedang berjalan.

“Nanti-nanti lagi dicari, pasti nanti ketahuan,” terang dia.

Budi berjanji mengungkap identitas pemilik akun Fufufafa. Namun, dia tak memerinci waktunya. 

“Kalau tahu yang punya nanti diumumkan. Yang pasti bukan punya Gibran,” tegas dia.

Klarifikasi dari pihak pemerintah tidak serta merta memadamkan spekulasi publik. Bahkan, kasus ini berkembang menjadi polemik politik yang melibatkan nama-nama besar di Tanah Air.

Warganet terus menggali informasi dan meramaikan isu ini di berbagai platform, khususnya di X (dulu Twitter). Hingga kini, akun Fufufafa terus menjadi perbincangan hangat.

Bahkan netizen menemukan bukti komentar akun Fufufafa soal artikel tentang Andie Arief yang menyebutkan Jokowi menyembunyikan anak pertamanya.

“Sini lo nj*ng, gw ga ngumpet, sini gw ladenin,” komen akun Fufufafa, pada 13 Juni 2016.

Meski komentarnya tidak selalu menargetkan individu tertentu, gaya komunikasinya cenderung memancing reaksi dari berbagai kalangan. Khususnya para pendukung tokoh-tokoh politik yang diserang.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

akun Kaskus Fufufafa

Gibran Rakabuming Raka


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami