Jurnalistika
Loading...

Prabowo Geram Disinggung Soal Kepemilikan Lahan: Dia Pintar atau Goblok Sih?

  • Arief Rahman

    09 Jan 2024 | 15:35 WIB

    Bagikan:

image

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. (Instagram @prabowogibran)

jurnalistika.id – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto masih menunjukkan ekspresi jengkel atas pernyataan calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan yang menyinggung soal kepemilikan lahan 340 ribu hektare di debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2023).

Ekspresi jengkel itu tampak diluapkan Prabowo saat menghadiri acara Konsolidasi Relawan Prabowo-Gibran di Gor Remaja, Provinsi Riau, Selasa (9/1).

“Ya Tuhan, ya Allah SWT aku hanya minta satu sebelum kau panggil aku. Aku ingin melihat rakyatku sejahtera hanya itu. Saudara-saudara ada pula yang menyinggung-nyinggung punya tanah berapa punya tanah ini. Dia pintar atau goblok sih?” kata Prabowo dalam acara tersebut.

Perihal lahan 340 ribu hektare yang singgung Anies, Prabowo mengatakan statusnya merupakan tanah hak guna usaha (HGU), bukan kepemilikan pribadi. Prabowo menambahkan, lahan itu digunakan untuk menggarap proyek food estate.

Baca juga: Saat Anies dan Prabowo Saling Sentil di Debat Pilpres, dari Anggaran hingga Food Estate

Ketua Umum Partai Gerindra itu lantas kembali menegaskan, data yang disampaikan Anies saat debat juga keliru. Sehingga ia merasa Anies ingin menghasut masyarakat benci kepada dirinya.

“Kemarin juga salah-salah mulu, bukan 340 ribu hektare bukan, mendekati 500 ribu hektare. Dia mau menghasut, dia mau bikin rakyat benci sama saya,” ungkapnya.

Prabowo lalu bertanya apakah Anies paham soal HGU atas tanah. Kemudian menegaskan tanah itu merupakan milik negara yang pihaknya kelola.

Capres yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu menyatakan siap menyerahkan lahan tersebut apabila pemerintah membutuhkan.

“Enggak usah dibawa-dibawa debat lah. Anda hanya memperhatikan ketololan Anda,” tuturnya.

Anies Singgung Lahan Prabowo Saat Debat

Sebelumnya, pada sesi debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU di Istora Senayan, pada Minggu (7/1/2023), Anies Baswedan menyinggung lahan kepemilikan Prabowo selaku menteri pertahanan.

Baca juga: Anies dan Ganjar Kompak Bantah Ungkapan Jokowi Soal Debat Capres Serang Personal

Anies membandingkan kepemilikan lahan itu dengan separuh TNI yang belum memiliki rumah dinas. Pernyataan itu langsung dipotong Prabowo karena menurutnya data yang disampaikan salah.

“Saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas. Sementara menterinya Pak Jokowi, punya lebih dari 340 hektare tanah di republik ini,” kata Anies dalam debat capres.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Anies Baswedan

debat capres

Pemilu 2024

Pilpres 2024

Prabowo Subianto


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami