Jurnalistika
Loading...

Presiden Umumkan Gaji ASN, TNI/Polri Naik 8 %, Pensiunan 12 %

  • Jurnalistika

    16 Agt 2023 | 17:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi ASN (Dok: BKN)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, serta pensiunan.

Untuk kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri tahun depan, kata Jokowi, sebesar 8%. Sedangkan gaji pensiunan naik 12% tahun depan.

“Kenaikan gaji untuk ASN sebesar delapan persen dan kenaikan untuk pensiunan sebesar dua belas persen,” kata Jokowi saat Penyampaian Nota Keuangan dan RAPBN 2024, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Dengan adanya kenaikan gaji ini, Jokowi mengatakan, diharapkan akan meningkatkan kinerja. Di samping mengakselerasi transformasi ekonomi dan pembangunan nasional.

Adanya kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/TNI/Polri merupakan pelaksanaan reformasi birokrasi harus dijalankan secara konsisten dan berhasil guna. “Perbaikan kesejahteraan, tunjangan dan remunerasi ASN dilakukan berdasarkan kinerja dan produktivitas,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kenaikan diberikan kepada ASN yang memiliki kinerja baik.

Begitu pun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, Tukin (Tunjangan Kinerja) nantinya tidak lagi dibedakan antarinstitusi sebagaimana yang ada sekarang. Melainkan berdasarkan kinerja PNS secara perorangan.

“Jadi selama ini kan tukin itu sama, kita berharap sih. Kita usul ada kenaikan gaji tetapi nanti diseleksi bagi mereka yang kerja tentu dapat yang banyak. Kita sedang exercise ini,” ungkap Anas.

Sekedar diketahui, kenaikan gaji ini akan menjadi yang pertama kalinya setelah lima tahun. Namun perlu dicatat, penerapannya baru akan diimplementasikan pada 2024.

Adapun upah ASN pada Agustus ini masih mengikuti ketentuan dalam PP Nomor 15 Tahun 2019.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

gaji asn

gaji polri

Presiden Jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami