Jurnalistika
Loading...

Profil Singkat Airin dan Dimyati Natakusumah, Dua Politisi Bakal Cagub Banten

  • Arief Rahman

    02 Mei 2024 | 09:35 WIB

    Bagikan:

image

Airin Rachmi Diany (kiri), Achmad Dimyati Natakusumah (kanan). (Dok. dpr.go.id/goodkind.id)

jurnalistika.id – Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dan Mantan Bupati Pandeglang Achmad Dimyati Natakusumah menjadi dua politisi yang masuk dalam radar calon gubernur (cagub) Provinsi Banten pada Pilkada 2024.

Airin Rachmi Diany bahkan telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur (bacagub) lewat dua partai politik, yakni PDIP dan PKB. Politisi Golkar itu diharuskan berkoalisi untuk bisa mendaftar karena partainya hanya memiliki 14 kursi di DPRD Banten.

Sementara itu, Achmad Dimyati Natakusumah juga telah mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon gubernur Banten ke tiga partai politik. Ketiganya adalah Nasdem, PKB, dan PDIP.

Baca juga: Markas Judi Online Beromzet Rp10 M di Tangerang Dibongkar, 11 Pelaku Ditangkap

Kedua politisi Banten ini sudah sejak lama menjadi sorotan dalam pertarungan pemimpin di Tanah Jawara. Profil mereka pun menjadi salah satu sorotan.

Profil Singkat Airin dan Dimyati

Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber profil singkat Airin dan Dimyati yang sejauh ini sudah mendaftarkan diri sebagai bacagub Banten.

Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany adalah politisi yang lahir di Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, pada 28 Agustus 1976. Dia memiliki perjalanan karier yang kaya akan pengalaman dan prestasi. 

Sebelum memasuki dunia politik, Airin telah berkiprah sebagai Asisten Notaris dan kemudian menjadi Notaris/PPAT di Kabupaten Tangerang. Namun, puncak kariernya terwujud saat dia terpilih sebagai Walikota Kotamadya Tangerang Selatan pada tahun 2011, dan kembali terpilih pada 2016. 

Meskipun karir politiknya gemilang, kehidupan pribadinya diramaikan dengan tragedi saat suaminya, Tubagus Chaeri Wardhana, terjerat kasus korupsi yang menarik perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Meski demikian, popularitas dan prestasi politiknya tetap terjaga, terbukti dari kemenangannya dalam pemilihan kepala daerah di Tangerang Selatan. Airin juga dikenal sebagai salah satu kandidat terkaya dalam pemilihan tersebut, dengan harta kekayaan yang mencapai puluhan miliar rupiah.

Selain prestasinya di bidang politik, Airin juga pernah meraih gelar kecantikan, yang semakin menambah daya tariknya di mata publik. Kini Airin akan kembali berkompetisi untuk menjadi pemimpin daerah, tetapi dengan lingkup lebih besar.

Achmad Dimyati Natakusumah

Achmad Dimyati Natakusumah lahir di Tangerang, Banten, Indonesia, pada 17 Juni 1966. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat, ia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia Esa Unggul.

Kemudian melanjutkan pendidikan S2 di bidang Ilmu Hukum di UNPAS Bandung, dan meraih gelar S3 di bidang yang sama dari UNPAD Bandung. Dalam kariernya, Achmad Dimyati Natakusumah memiliki pengalaman yang beragam. 

Ia pernah menjabat sebagai Anggota DPR-RI selama dua periode, yaitu tahun 2009 hingga 2014, dan kemudian 2014 hingga 2019. Sebelum terjun ke dunia politik nasional, ia telah sukses memimpin Kabupaten Pandeglang sebagai Bupati selama dua periode, yaitu dari tahun 2000 hingga 2005, dan kemudian dari tahun 2005 hingga 2009. 

Sebelumnya, ia juga memiliki pengalaman dalam dunia bisnis, menjabat sebagai Direktur Utama di PT Rizka Carlita Utama, serta memiliki posisi sebagai Komisaris Utama di PT Citra Irdani.

Lalu di posisi serupa di PT Bank Perkereditan Rakyat ABS, dan Lembaga Pendidikan Grand Citra, semua pada periode tahun 1990 hingga 2000.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Achmad Dimyati Natakusumah

Airin Rachmi Diany

Pandeglang

Pilkada 2024

Tangerang Selatan


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami