Jurnalistika
Loading...

Protes Perppu Ciptaker, BEM UI Unggah Meme Puan Berbadan Tikus

  • Arief Rahman

    22 Mar 2023 | 18:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi unggahan video BUM UI (Tangkapan layar @BEMUI_Official)

jurnalistika.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) melontarkan protes terhadap pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi undang-undang. Kritik itu disampaikan melalui akun Twitter @BEMUI_Official, Rabu (20/3/2023).

Diketahui DPR RI telah mengesahkan Perppu Ciptaker menjadi undang-undang pada rapat paripurna yang berlangsung pada Selasa (21/3). Keputusan tersebut menuai respon dari BEM UI dengan mengunggah meme berbentuk video singkat dan berisi ilustrasi Ketua DPR RI Puan Maharani yang tampak berbadan tikus keluar dari gedung dewan.

DPR lagi-lagi memperlihatkan kebobrokannya melalui pengesahan Perppu Cipta Kerja yang jelas-jelas dinilai inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi. Karena terdapat kecacatan, baik secara formal maupun material,” tulis akun Twitter BEM UI.

Masih dalam unggahan yang sama, BEM UI menilai pengesahan Perppu Cipta Kerja itu minim partisipasi publik yang bermakna. Bahkan menurut mereka penerbitan undang-undang tersebut dapat mengancam hak-hak rakyat dan para pekerja.

Dewan yang berada di kursi sana bukan lagi sebuah “perwakilan” melainkan para “penindas”, yaitu penindas buruh, penindas rakyat, bahkan menentang konstitusi,” tulis BEM UI.

Bagaikan tikus dengan watak licik yang melancarkan upaya oligarki. Semakin terlihat bahwa DPR benar-benar tidak memihak pada rakyat. Sudah tidak ada alasan lagi kita percaya kepada wakil kita. Saatnya untuk melawan!” lanjutnya.

Unggahan BEM UI di Twitter @BEMUI_Official

Adapun video yang diunggah pihak organisasi mahasiswa intra kampus itu, pada menit awal terlihat gedung DPR RI dan kubah hijaunya tampak goyang lalu perlahan terbelah. Kemudian muncul dua ekor tikus dari dalam yang diikuti gambar Puan Maharani berbadan tikus.

Lantas muncul perlahan tulisan besar berwarna putih berbunyi “KAMI TIDAK BUTUH DEWAN PERAMPOK RAKYAT”. Disaat yang sama keluar juga dari dalam gedung gambar salinan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja.

Respon Netizen Terhadap BEM UI Protes DPR

Unggahan itu kemudian mengundang sejumlah komentar dari pengguna Twitter, beberapa tampak mendukung dan ada juga yang merespon dengan komentar negatif. Bahkan ada pula yang menilai postingan BEM UI itu hanya sensasi semata.

Sudah seharusnya yang diperjuangkan di gedung ini, di rumah rakyat ini adalah kepentingan rakyat, bukan malah kepentingan yang lain. Bahkan di rumah rakyat ini suara rakyat dibungkam dengan cara lagi lagi mematikan mic,” tulis akun @d******

BEM masuk angin, giliran diundang makan di istana langsung auto begok karena kekenyangan,” komentar akun @o*******

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

BEM UI

Dpr RI

Perppu ciptaker

puan maharani


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami