Jurnalistika
Loading...

Relawan Jokowi Sebut Kaesang ke AS Pakai Jet Pribadi Diajak Nebeng Temannya

  • Jurnalistika

    10 Sep 2024 | 16:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi. (Dok. Ist)

jurnalistika.id – Ketua Umum Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, atau yang akrab disapa Noel, mengungkapkan informasi terkait perjalanan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ke Amerika Serikat.

Menurut Noel, Kaesang tidak menyewa jet pribadi, melainkan nebeng jet milik temannya yang merupakan anak seorang pengusaha. Pernyataan ini disampaikan Noel dalam acara Political Show di CNN Indonesia pada Senin malam (9/9/2024)

“Bukan menyewa. Enggak ada. Info yang saya dapat, pemilik private jet itu kawannya Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika,” ujar Noel.

Noel menjelaskan pemilik private jet tersebut adalah anak dari seorang pengusaha, yang kebetulan merupakan teman dekat Kaesang.

“Sepertinya yang saya dapat info, perusahaan itu owner-nya punya anak, nah anaknya itu temennya Mas Kaesang,” tambahnya.

Baca juga: Raffi Ahmad Ditunjuk Pimpin Tim Pemenangan Andra-Dimyati di Pilkada Banten 2024

Meski begitu, Noel tidak merinci lebih lanjut siapa sosok teman yang mengajak Kaesang menggunakan jet pribadi tersebut. Ia hanya menekankan Kaesang tidak meminjam jet pribadi tersebut, melainkan diajak untuk terbang bersama ke Amerika Serikat.

Menurut Noel, keputusan Kaesang untuk menumpang jet pribadi tersebut dilatarbelakangi oleh pertimbangan ekonomi.

Biaya untuk menggunakan pesawat komersial dalam perjalanan jarak jauh seperti ke AS dianggap cukup mahal, sehingga ketika ada kesempatan untuk nebeng, Kaesang memilih untuk memanfaatkannya.

“Ya, Mas Kaesang mumpung, daripada naik ini bayar mahal, ada yang ajak,” tambahnya.

Noel juga membantah dugaan bahwa jet pribadi tersebut dipinjamkan secara khusus untuk kepentingan Kaesang. Ia menegaskan kembali Kaesang hanya ikut nebeng dengan temannya yang memang sudah berencana ke Amerika.

“Bukan meminjamkan. Jadi anak ini yang punya private jet ini mau ke Amerika. Mas Kaesang diajak nebeng. Salah atau tidak itu orang itu?” ujar Noel.

Isu Penggunaan Jet Pribadi dan Dugaan Gratifikasi

Sebelumnya, kabar mengenai Kaesang yang menggunakan jet milik individu untuk perjalanannya ke Amerika Serikat sempat memicu kehebohan di publik.

Hal ini bermula dari unggahan di Instagram pribadi istrinya, Erina Gudono, yang memperlihatkan foto jendela pesawat berbentuk oval, yang diduga merupakan bagian dari jet pribadi. Bentuk jendela tersebut berbeda dengan pesawat komersial, sehingga memicu spekulasi.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan Dapur Restoran dan Masjid di Pos Bloc, Diduga Akibat Konsleting AC

Isu ini semakin berkembang dengan adanya dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi tersebut. Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

Terkait hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana untuk meminta klarifikasi dari Kaesang guna memastikan kebenaran dugaan tersebut.

Namun, tak berselang lama KPK justru urung meminta klarifikasi terhadap Kaesang. Sebab, putra sulung Jokowi itu dianggap bukan penyelenggara negara.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

jet pribadi

Kaesang Pangarep

relawan Jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami