Jurnalistika
Loading...

RK-Suswono Janjikan Layanan Dokter Keliling Jika Terpilih di Pilkada Jakarta 2024

  • Jurnalistika

    26 Sep 2024 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono)

jurnalistika.id – Pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1, Ridwal Kamil (RK)-Suswono alias RIDO berjanji akan menyediakan layanan dokter keliling kepada masyarakat jika menang di Pilkada Jakarta 2024.

RK menjelaskan program ini bertujuan untuk memudahkan warga mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus datang ke fasilitas medis.

“Ya, ada dokter keliling. Jadi untuk menjangkau mereka yang kesulitan berobat ke puskesmas, gitu ya. Tidak selalu warga yang datang ke fasilitas negara, tapi negara mendatangi warga dengan inovasi-inovasi,” kata Ridwan Kamil saat blusukan di Pancoran Barat, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Baca juga: Rano Karno Berjanji Perbaiki Infrastruktur JIS Jika Menang Pilkada Jakarta 2024

Mantan Gubernur Jawa Barat itu berharap dokter program dokter keliling dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan akses ke fasilitas kesehatan. Baik karena jarak maupun kondisi fisik.

Melalui program ini, tim medis akan dilengkapi dengan kendaraan khusus. Misalnya ambulans kecil atau motor yang membawa peralatan medis untuk mendatangi langsung pasien di rumah mereka.

Selain dokter keliling, pasangan RIDO juga berencana memperkenalkan program digitalisasi kesehatan, peningkatan fasilitas layanan kesehatan, serta program promotif dan preventif.

Semua itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Jakarta selama lima tahun ke depan.

Lebih lanjut, RK menekankan pentingnya layanan kesehatan yang komprehensif, dengan empat fokus utama.

Pertama, peningkatan kualitas fasilitas kesehatan. Kedua, penguatan layanan kesehatan mental.

Ketiga layanan kesehatan digital melalui program LayanSehat, dan keempat layanan kesehatan mobile.

“Kami ingin Jakarta memiliki layanan kesehatan yang mampu menjangkau semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang membutuhkan bantuan khusus. Inilah yang kami tawarkan melalui program kesehatan mobile dan digital,” jelas Ridwan Kamil.

Janji Bikin Sekolah Sahabat Lansia

Selain program kesehatan, pasangan calon RIDO juga menawarkan gagasan guna meningkatkan interaksi sosial antara generasi muda dan lansia melalui program Sekolah Sahabat Lansia.

Program ini bertujuan untuk mengurangi kesepian yang kerap dialami oleh para lansia.

“Lansia itu sering kesepian, sementara jumlah anak sekolah banyak. Nanti kita bikin program anak Sekolah Sahabat Lansia, sebulan sekali, kelompok anak sekolah mendatangi lansia, bawa makan, ajak ngobrol,” tuturnya.

Politisi yang juga akrab disapa Kang Emil itu menambahkan, program ini tidak hanya bermanfaat bagi lansia, tetapi juga bagi siswa. Sebab, memungkinkan mereka menyerap kearifan dari generasi sebelumnya.

“Lansia tak lagi kesepian. Keduanya bahagia. Itulah, Jakarta yang humanis itulah yang ingin saya hadirkan,” pungkasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Selain pasangan Ridwan Kamil-Suswono dengan nomor urut 01, terdapat pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 02 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 03.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

dokter keliling

Pilkada 2024

Pilkada Jakarta 2024

RK-Suswono


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami