Jurnalistika
Loading...

Sandiaga Uno Jadi Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Simak Jejak Kariernya di Dunia Politik

  • Arief Rahman

    26 Okt 2023 | 13:35 WIB

    Bagikan:

image

Sandiaga Uno Pakar. (Dok. setkab.go.id)

jurnalistika.id – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno resmi didapuk menjadi Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024. Kepastian itu disampaikan oleh Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dalam konferensi pers di Gedung High End, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Arsjad menjelaskan meski menjabat sebagai dewan pakar TPN,  Sandiaga Uno akan tetap terlibat langsung ke lapangan untuk menggalang dukungan. Menurutnya, sosok yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu telah menyatakan siap mengemban tugasnya.

“Tadi ada juga mas Sandiaga Uno dan beliau akan menjadi Ketua Dewan Pakar TPN,” kata Arsjad dalam jumpa pers yang diadakan usai pihaknya menggelar rapat.

“Jadi beliau ini sudah siap bukan hanya sebagai Dewan Pakar, beliau sudah siap turun. Jadi beliau ini akan turun akan menggabungkan seluruh relawan yang ada juga yang sudah bersama beliau untuk masuk ke dalam TPN juga,” sambungnya.

Sebelum bergabung dengan PPP dan didapuk menjadi pakar TPN. Nama Sandiaga Uno sudah santer terdengar sejak mengikuti Pilkada DKI bersama Anies Baswedan pada 2017 Silam. Lantas seperti apa jejak kariernya di dunia politik Indonesia?

Jejak Karier Politik Sandiaga Uno

Sebelum terjun ke dunia politik, Sandiaga Uno merupakan seorang pengusaha yang cukup mentereng. Pria kelahiran Rumbai, 28 Juni 1969 itu memiliki usaha yang bergerak di beberapa bidang, salah satunya keuangan.

PT Saratoga Advisor menjadi bisnis Sandiaga Uno yang sukses hingga bisa mengambil alih beberapa perusahaan lain. Dia juga pemilik dari perusahaan Rumah 123, Recapital Advisors, PT Medco Power Indonesia, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Gibran Bocorkan Program Jika Pimpin RI Bareng Prabowo

Kemudian pada tahun 2015, Sandiaga mencoba menjajal peruntungan dengan terjun ke dunia politik. Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto menjadi kapal politik pertamanya dalam mengarungi awal perjalanan tersebut.

Meski baru masuk, Sandiaga sudah langsung menjabat sebagai anggota Dewan Pembina Gerindra. Tak butuh waktu lama, dia pun ditunjuk mengemban jabatan wakil ketua dewan pembina partai berlambang garuda tersebut.

Sandiaga Uno Ikut Panggung Politik

Perjalanan Sandiaga Uno di dunia politik tampaknya berjalan mulus. Pasalnya, belum genap dua tahun gabung Partai Gerindra, dia langsung melenggang ke panggung politik.

Dia dipilih menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi calon Wakil Gubernur Anies Baswedan saat Pilkada DKI 2017 silam. Lawan mereka waktu itu merupakan petahana, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang didampingi Djarot Saiful Hidayat. Kemudian ada pasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni.

Meski harus memasuki putaran kedua, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan menang melawan Ahok-Djarot. Sedangkan AHY-Sylvia terhenti di putaran pertama.

Melaju ke Pentas Nasional

Jejak Karier Sandiaga Uno di dunia politik semakin berkilau. Sebab baru sekitar sepuluh bulan menjabat sebagai wakil gubernur DKI dia sudah mengikuti pentas politik nasional. Prabowo Subianto memilihnya menjadi cawapres untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2019.

Agar bisa menjadi cawapres, Sandiaga Uno keluar dari Gerindra supaya mereka tidak datang dari partai yang sama. Sayangnya, pada kesempatan ini Prabowo-Sandi dikalahkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Setelah rangkaian tahapan Pilpres 2019 tuntas, Sandiaga kembali bergabung bersama Partai Gerindra tepatnya pertengahan Oktober 2019. Kelanjutan karier politiknya pun terus berlanjut.

Jadi Menteri hingga Gabung PPP

Sandiaga Uno terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju pada Desember 2020. Saat itu dia menggantikan Wishnutama yang di reshuffle Jokowi. Gerindra pun menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi, karena Prabowo juga dilantik menjadi Menteri Pertahanan.

Usai bernaung selama delapan tahun di Gerindra, Sandiaga memilih untuk menjajal pengalaman baru dengan bergabung bersama PPP pada Juni 2023. Tak lama, dia pun terpilih menjadi Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) partai berlogo kabah itu.

PPP merupakan bagian dari Koalisi PDIP pengusung pasangan Ganjar-Mahfud. Sehingga terpilihnya Sandiaga menjadi pakar TPN menjadi jejak baru bagi dirinya dalam perjalan karier politik sejauh ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Ganjar Pranowo

Mahfud Md

Pemilu 2024

Pilpres 2024

Sandiaga Uno


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami