Jurnalistika
Loading...

Simak Jadwal dan Tema Debat Capres Ketiga Pilpres 2024

  • Arief Rahman

    03 Jan 2024 | 13:05 WIB

    Bagikan:

image

Capres peserta Pilpres 2024. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Jadwal debat calon presiden (capres) peserta Pilpres 2024 tahap ketiga akan segera dimulai pada Januari 2024. Jangan sampai ketinggalan dan catat juga tema yang akan diangkat nanti.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat Pilpres 2024 sebanyak lima tahap. Dua tahap sudah selesai digelar yakni pada 12 dan 22 Desember lalu.

Pada tahap pertama, debat diikuti oleh ketiga kandidat capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Sedangkan saat tahap kedua, giliran para calon wakil presiden (cawapres) yang tampil beradu gagasan.

Lantas kapan debat ketiga Pilpres 2024 dilaksanakan dan siapa yang akan tampil?

Jadwal debat capres ketiga Pilpres 2024

Debat capres ketiga Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024. Jadwal penayangan di stasiun televisi nasional mulai pukul 19.00 WIB dan akan berlangsung selama total durasi 150 menit termasuk iklan 30 menit.

Baca juga: 3 Hasil Survei Elektabilitas Terbaru Capres-Cawapres Pemilu 2024

Debat akan diikuti oleh tiga kandidat capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Pranowo. Untuk cawapres mungkin akan seperti pada debat pertama, yakni hanya mendampingi.

Sementara untuk lokasi debat, seperti dikatakan KPU sebelumnya semua sesi berlangsung secara keseluruhan di Jakarta.

Tema Debat

Pada tahap ketiga ini, tema debat adalah tentang Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. Berikut daftar lengkap tema kelima sesi debat capres-cawapres 2024.

  • Tahap I Selasa, 12 Desember 2023

Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

  • Tahap II Jumat, 22 Desember 2023

Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

  • Tahap III Minggu, 7 Januari 2024

Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

  • Tahap IV Minggu, 14 Januari 2024

Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

  • Tahap V Minggu, 4 Februari 2024

Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Setiap acara debat akan dibagi ke dalam enam segmen. Pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja.

Kemudian, sesi kedua dilanjutkan pendalaman visi, misi, dan program kerja. Ketiga, pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh moderator, keempat sesi tanya jawab dan sanggahan.

Selanjutnya, melanjutkan sesi tanya jawab dan sanggahan. Terakhir penutup sekaligus mengakhiri debat.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

debat capres

Pemilu 2024

Pilpres 2024


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami