Jurnalistika
Loading...

Tiga Capres Penuhi Undangan Makan Siang Jokowi di Istana

  • Firman Sy

    30 Okt 2023 | 14:55 WIB

    Bagikan:

image

Tiga capres pemilu 2024 makan siang bersama Presiden Jokowi di Istana. (dok: Ist)

jurnalistika.id – Tiga bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo menghadiri undangan Presiden Jokowi untuk makan siang di Istana Kepresidenan, Jakarta. Seusai makan siang, Prabowo membocorkan menu makan siang bersama Presiden, yakni soto, lontong, cumi, hingga sayur.

“Yah, suasana akrab. Kami ucapkan terima kasih karena diundang, kalau enggak diundang jarang bisa kumpul. Beliau (Presiden) berharap suasana bagus dan baik. Kami hanya bicara secara umum,” kata Prabowo, yang disiarkan dari tayangan Breaking News KompasTV.

Anies Baswedan juga menyampaikan hal senada yakni ucapan terima kasih atas undangan jamuan makan siang. “Sebenarnya pekan lalu (undangan) kami terima pada Minggu (29/10/2023), kami enggak bisa karena sudah komitmen dengan masyarakat di Jember sehingga tidak bisa lalu berkenan dijadwalkan Senin,” kata Anies.

Capres koalisi perubahan itu kemudian menyebut pertemuan itu membahas banyak hal, mendiskusikan hal-hal ringan dan tidak ada sesuatu yang berat.

“Kami sampaikan kepada beliau, kami bertemu dengan masyarakat yang sayang kepada Pak Presiden yang titip pesan untuk bisa menjaga netralitas dan bisa menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netarlitas pemilu,” ucap Anies.

Dia kemudian menyebut upaya netralitas itu telah dilakukan Jokowi dengan mengumpulkan pejabat kepala daerah. Presiden juga dijadwalkan mengumpulkan aparat TNI/Polri untuk netral.

“Kami melihat pesan penting yang bisa membuat Pilpres 2024 bejalan aman dan nyaman semua unsur penyelenggara negara netral dan profesional. Kami sampaikan begitu dan (Presiden) merespon positif dan baik,” tandasnya.

Sementara Ganjar membeberkan kekompakan mereka mengenakan Batik Parang yang diakui mereka tak saling janji atau tak disengaja.

“Kami bertiga ngobrol bareng Pak Presiden, kami berkomunikasi dengan baik, beliau orang baik mendukung proses demokrasi yang baik. Seperti yang sudah disampaikan beliau-beliau, semoga bisa dilaksanakan bersama. Pemilu damai para aparatur parsial berjalan fair dan saling menjaga,” kata Ganjar.

Dia kemudian menekankan pentingnya netralitas di negara demokrasi. “Kalau tidak ada parsial ya akan sulit,” tukasnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Capres 2024

Pemilu 2024

Presiden Jokowi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami