jurnalistika.id – Kuliah sambil kerja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin memperoleh gelar sarjana sambil tetap menjadi karyawan di perusahaan. Meski dalam prosesnya akan menemukan berbagai tantangan, namun dengan manajemen waktu yang tepat dan komitmen yang kuat, kuliah sambil bekerja dapat membantu perkembangan karir karyawan di perusahaan.
Saat ini, ada banyak perguruan tinggi atau kampus yang menawarkan kelas karyawan. Kelas itu dapat dimanfaatkan karyawan untuk memperoleh tambahan ilmu, dan mungkin bisa memperoleh gelar sarjana sehingga perusahaan memberikan promosi jabatan.
Apa itu Kuliah Kelas Karyawan?
Kuliah kelas karyawan merupakan program kuliah di perguruan tinggi yang dibuat khusus bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Dalam pembelajarannya, kelas ini hampir sama dengan mahasiswa reguler, hanya beda di waktu kuliahnya saja.
Biasanya, kuliah kelas karyawan dilaksanakan pada jam kerja berakhir atau sering disebut kelas malam. Selain itu, ada juga yang dilaksanakan di hari Sabtu atau Minggu bahkan ada yang menerapkan kuliah full online sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi.
Tentu tidak mudah kuliah sambil bekerja, selain waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih banyak, biayanya pun berbeda dengan kelas reguler karena waktu dan proses pembelajaran yang berbeda.
“Rasanya sangat melelahkan namun membanggakan,” kata Mae, mahasiswi kelas karyawan kepada Jurnalistika, Senin (3/3/2023).
Kuliah sambil bekerja tentu memiliki keuntungan tersendiri yang belum tentu bisa didapatkan oleh kuliah kelas reguler. Antara lain seperti, bisa membiayai kuliah dengan uang pribadi, pengalaman di dunia kerja, bisa belajar mengatur waktu dengan baik, memiliki relasi bersama orang-orang yang berkompeten di dunia kerja dan masih banyak lagi.
“Sukanya kuliah sambil kerja itu bisa ketemu orang-orang baru and pemikiran-pemikiran yang buat kita jadi berwawasan,” kata Bulan yang juga mahasiswi kelas karyawan.
Namun, melihat bagaimana sulitnya membagi waktu antara kuliah dan bekerja membuat sebagian orang ragu untuk mengambil kuliah kelas karyawan. Yuk simak bagaimana cara mengatur waktu kuliah sambil bekerja!
5 Tips Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja
Bagi kamu karyawan yang berniat mencoba kuliah sambil bekerja, berikut jurnalistika bagikan tips mengatur waktu agar bisa membagi waktu belajar dan bekerja;
1. Hindari Menunda Tugas Maupun Pekerjaan
Terkadang saat selesai melakukan satu tugas, kita seakan ingin segera berleha-leha, terlebih jika ada suatu hal yang kita senangi. Misalnya seperti bermain gadget, menonton serial favorit, dan lainnya. Hindari kebiasaan semacam itu karena kuliah sambil bekerja memiliki tanggung jawab yang lebih besar.
2. Fokus pada Perkuliahan dan Pekerjaan
Fokus tentu membuat kita lebih mengerti dan menguasai apa yang sedang kita kerjakan. Sesuaikan fokus dengan kondisi yang sedang dialami. Seperti saat jam kuliah kita focus pada materi yang disampaikan dosen tanpa memikirkan pekerjaan, dan lakukan hal yang sama jika berada di posisi sedang bekerja. Sehingga saat kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang diberikan, kita lebih menguasai dan akan selesai tepat waktu.
3. Buat Skala Prioritas
Skala Prioritas sangat membantu kita dalam mengatur waktu agar tidak kewalahan, dimana dengan itu kita tahu mana yang lebih penting untuk diselesaikan sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang di berikan.
4. Konsisten
Lelah dan bosan memang dapat melunturkan semangat, tetapi demi mencapai tujuan kamu perlu konsisten dan memupuk selalu semangatmu. Serta jangan mudah menyerah, ingat selalu bahwa kamu sudah mengambil langkah luar biasa.
5. Menjaga Kesehatan
Akan lebih banyak tenaga dan waktu yang dikeluarkan saat kamu memilih kuliah sambil kerja. Saat orang lain bisa beristirahat setelah bekerja tetapi kamu tidak bisa, melainkan kamu akan disibukkan dengan perkuliahan. Maka, menjaga kesehatan tentu penting agar tubuhmu bisa terus produktif .
Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.
(Salwa/kontri)