jurnalistika.id – Lulus dari bangku kuliah atau fresh graduate menjadi langkah pertama untuk masuk ke dalam dunia kerja. Tetapi bagi sebagian orang yang baru lulus, sering merasa kebingungan untuk memulai dari mana? Sebab, banyak dari mereka belum pernah terjun ke dunia baru tersebut.
Untuk fresh graduate yang telah diterima di suatu perusahaan, perlihatkan kemampuan dan keterampilan yang sudah kamu kembangkan dengan baik. Supaya lebih mengerti tentang bagaimana bersikap di dunia kerja, kamu dapat mempelajarinya melalui artikel berikut ini.
Tips di Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate
Dilansir dari topkarir, berikut 6 Tips Agar Sukses di Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate.
1. Taat Terhadap Lingkungan Kerja
Seorang fresh graduate yang baru saja masuk ke dalam dunia kerja pasti akan sedikit bingung tentang apa saja yang harus ditaati. Hal itu karena tidak memiliki pengalaman yang cukup selain belajar di perkuliahan.
Salah satu yang harus ditaati adalah lingkungan kerja. Jika ingin sukses kamu dapat menganggap hirarki dalam lingkungan pekerjaanmu sebagai keluarga. Di mana ada yang berhak untuk mengatur dan diatur. Serta harus mengetahui siapa mengetahui siapa yang memiliki wewenang memberi keputusan di saat urgent.
2. Buat Pendirian dan Jangan Terhasut Oleh Rekan Kerja
Dalam lingkungan pekerjaan pasti ada salah satu karyawan yang senang menghasut, berbicara betapa buruknya pekerjaan yang kamu kerjakan. Tapi, sebagai karyawan baru kamu harus selalu positif dan tetap memiliki keyakinan sesuai dengan nurani. Karena pada dasarnya kamu bekerja untuk masa depanmu sendiri.
3. Bergaul dengan Karyawan Senior
Memasuki dunia kerja kamu harus pandai dalam bersosialisasi, terutama kepada para karyawan senior di tempat kerjamu. Bergaul dengan karyawan senior di lingkungan kerja akan membuatmu dapat belajar dari mereka, dan dapat memahami kultur budaya perusahaan lebih dalam.
4. Supel dalam Hal Pekerjaan
Kamu tidak boleh memandang kata supel dan menyamakannya dengan cari muka, karena itu adalah pemikiran yang salah. Sebagai karyawan, memiliki sikap supel akan sangat berguna untuk karir kamu.
Dengan menanamkan sifat supel kamu bisa lebih mengerti tentang industri perusahaan dan mendalami keahlian di tempatmu bekerja.
5. Hindari Memberi Stereotype Kepada Pesaing Kerja
Hindarilah memberi stereotype kepada rekan kerja sebagai pesaing kamu, jika tetap dilakukan maka kamu sama saja dengan mematikan potensi diri. Kenapa? karena dengan kamu melakukan itu, kamu akan selalu mencari kelemahan teman kerjamu dan lupa untuk menggali potensi dan kemampuanmu lebih dalam.
6. Tekuni Pekerjaan yang Kamu Jalani
Sebagai karyawan di suatu perusahaan, menekuni pekerjaan adalah salah satu kewajiban yang harus kamu jalani. Dengan menekuni pekerjaan kamu dapat meningkatkan keahlian yang kamu miliki, dan belajar hal baru dari apa yang kamu kerjakan.
Semakin kamu mengerti, maka kamu akan mulai mencintai pekerjaan yang kamu lakukan di perusahaan.
Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.