Jurnalistika
Loading...

256 Pelanggar Terciduk dalam Seminggu Operasi Zebra Jaya 2024 di Tangsel

  • Jurnalistika

    22 Okt 2024 | 09:16 WIB

    Bagikan:

image

Personel Polres Tangsel membarikan teguran kepada pengendara saat Operasi Zebra 2024. (Antara/HO-Humas Polres Tangerang Selatan)

jurnalistika.id – Kepolisian Resor Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menindak sebanyak 256 pelanggar lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2024 yang berlangsung selama tujuh hari. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Seksi Humas Polres Tangerang Selatan, AKP M. Agil Sahril, di Jakarta pada Senin (22/10).

“Seminggu pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2024, Polres Tangerang Selatan melalui Satuan Lalu Lintas telah melakukan tindakan terhadap 256 pelanggar,” kata Agil.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 pelanggar dikenai tilang melalui sistem E-TLE mobile, sementara 210 lainnya hanya mendapatkan teguran.

Baca juga: Truk Melintas di Luar Jam Operasional di Tangsel Makan Korban Lagi, Kini Mahasiswi Stikes WDH

Agil mengungkapkan, mayoritas pelanggaran yang terjaring melalui E-TLE mobile dilakukan oleh pengendara roda dua. Khususnya terkait tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) yang mencapai 35 pelanggar. Sebanyak 11 pelanggar lainnya terlibat dalam pelanggaran marka jalan.

Sementara itu, dari 210 pelanggar yang hanya ditegur, beberapa pelanggaran yang dominan meliputi melawan arus (38 pelanggar). Lalu berkendara di bawah umur (33 pelanggar), dan berboncengan lebih dari satu orang (42 pelanggar).

Selain itu, terdapat 19 pelanggar yang tidak membawa kelengkapan surat-surat. Kemudian 7 pelanggar yang menggunakan ponsel saat berkendara, serta 61 pelanggaran lainnya.

“Untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara diimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berkendara, mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi kelengkapan pribadi maupun kendaraan sebelum berkendara,” tambah Agil.

Operasi Zebra Jaya 2024 ini dilaksanakan oleh jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di seluruh wilayah hukumnya, dengan mengutamakan upaya preemtif, preventif, serta penegakan hukum.

Sebanyak 2.939 personel dikerahkan dalam operasi ini. Terdiri dari 1.570 personel Polda Metro Jaya dan 1.369 personel Polres di berbagai wilayah. Ada 14 target operasi yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan tahun ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Operasi Zebra 2024

Tangerang Raya

Tangerang Selatan

Tangsel


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami