Jurnalistika
Loading...

Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Ini 5 Janji yang Harus Dituntaskan

  • Arief Rahman

    16 Feb 2023 | 14:49 WIB

    Bagikan:

image

Erick Thohir terpilih jadi ketum PSSI (Dok. pssi.org)

jurnalistika.id Erick Thohir terpilih menjadi ketua baru dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang berlangsung di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Hasil perhitungan menunjukkan sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu meraih 64 suara.

Erick Thohir unggul dari kandidat lain yakni La Nyalla Mattalitti yang hanya memperoleh 22 suara. Sekaligus mengungguli Doni Setiabudi, Arif Wicaksono yang juga mencalonkan diri sebagai PSS 1. Sementara Fary Djemi Francis sudah terlebih dulu mundur.

Ketum PSSI demisioner, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule melalui akun Instagram miliknya @mochamadiriawan84 turut memberikan ucapan selamat kepada Erick Thohir. Dia berharap kepada ketum baru PSSI itu dapat menjadikan sepak bola Indonesia semakin baik.

Baca juga: Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Janji Perhatikan Kesejahteraan Wasit

“Pak Erick memiliki segudang pengalaman Sepakbola Nasional maupun Internasional. PSSI sudah berada di tangan yang tepat. Semoga dengan terpilihnya Pak Erick sebagai Ketua Umum PSSi. Sepakbola Indonesia menjadi semakin baik lagi,” katanya, Kamis (16/2).

5 Janji Erick Thohir Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI

Erick Thohir bersama Iwan Bule. (Twitter @pssi)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama eks Ketua PSSI Iwan Bule. (Twitter @pssi)

Sebelumnya, Erick Thohir telah mengumbar sejumlah janji jika terpilih sebagai ketua umum federasi sepak bola Indonesia. Berikut 5 janji yang harus ia tuntaskan.

1. Lanjutkan Liga 2 dan Liga 3

ET berjanji akan kembali melanjutkan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 yang sebelumnya dihentikan sesuai hasil rapat Exco. Dia menilai dengan digulirnya kembali divisi kedua dan ketiga, sepak bola Indonesia bakal semakin berkembang dan maju. Selain itu, Erick juga ingin menggelar kembali Piala Indonesia sebagai wadah para pemain untuk menambah menit bermain.

2. Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain

Jika sudah menjabat sebagai orang pertama di PSS, Erick berjanji siap membawa sepak bola Indonesia mengejar ketertinggalan dari negara lain. Menurutnya, Indonesia punya sumber daya yang besar, infrastruktur yang kuat dan masyarakat yang menggemari bola.

Dengan beberapa komponen itu, dia percaya sepak bola Tanah Air dapat mengejar ketertinggalan. Sehingga nantinya dapat mengejar negara-negara lain.

“Tinggal bagaimana kita membangung harmoni seluruh elemen dalam membebani sepak bola dalam negeri. Kuncinya cuma satu, nyali, berani apa tidak,” tuturnya.

3. Perbaiki Kualitas Wasit

Wasit menjadi bagian tidak terpisahkan dari kompetisi. Erick percaya dengan perbaikan SDM wasit Indonesia, juga dapat memperbaiki kualitas sepak bola Indonesia.

4. VAR di Liga 1

Selanjutnya, Erick memiliki target nantinya kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Dia berpendapat, media tersebut dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tidak merugikan tim.

5. Mengadakan TC Timnas Indonesia

Terakhir, Erick Thohir mengatakan ketika terpilih sebagai ketua umum dia bakal membangun training center (TC) Timnas Indonesia. Karenanya selama ini hal itu sudah menjadi sorotan. Dia menargetkan tempat latihan khusus Timnas Indonesia akan selesai dalam satu tahun kepemimpinannya sebagai ketua umum PSSI. 

“Negara sebesar dan sekaya ini tidak punya fasilitas untuk tim nasional. Harus dibangun duluan kalau bisa tahun depan jadi. Harus,” ungkapnya.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

erick thohir

Pssi


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami